Posted by : ngatmow prawierow 12.09.2008

Qurban time.....
saatnya pesta sate nih....
bisa makan enak nih.....

walah.
pasti itu yang ada di pikiran kita semua yang merayakan hari raya Idul Adha atau yang sering kita sebut sebagai hari raya kurban. mengapa ? sebab pada hari itu banyak sekali hewan ternak yang dipotong dan kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada sesama umat muslim yang ada di sekitar.
nah karena saking banyaknya daging hewan kurban, biasanya ada beberapa orang yang kemudian memanfatkannya untuk disate secara bersama-sama di tempat pelaksanaan kurban sekalian sebagai sarana kumpul-kumpul bersama teman atau tetangga.

tapi apakah itu benar secara agama?
ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa pada pelaksanaan idul kurban, orang atau golongan yang dianggap mampu berkurban hanya boleh menikmati daging kurbannya sebesar 30% saja. itupun kemudian dibagikan secara merata kepada sesama masyarakat golongan mampu yang ada disekitarnya.
lha sisanya? ya dibagikan kepada masyarakat yang dianggap golongan nggak mampu kurban dong.....

pendapat lain mengatakan bahwa yang diutamakan untuk menikmati daging hewan kurban adalah tetangga yang berada di sekitar kita dulu.baru kemudian dibagikan kepada masyarakat yang kurang beruntung di luar wilayah teritori, berapapun persentase perbandingannya agar tidak MAKRUH karena menjadi omongan orang yang justru berada di sekitar kita.

dari kedua pendapat itu sebenernya ada satu hal yang bisa ditarik sebagai kesimpulan.......PADA INTINYA MARILAH KITA BERBAGI KEBERUNTUNGAN DENGAN SESAMA. terserah mau menganut kepada pendapat yang mana atau mungkin punya pendapat sendiri,yang penting dalam suasana idul Adha marilah kita ciptakan suasana gotong royong, kekeluargaan, semangat kerjasama dan keikhlasan yang hanya ditujukan kepada-Nya.




Selamat Hari Raya Idul Adha..................

Comments
1 Comments

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. bagaimana membuat banner ??
    coba ke sini :

    http://trik-tips.blogspot.com/2008/06/cara-mudah-membuat-banner.html

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow