Posted by : ngatmow prawierow 8.05.2009

innalillahi wa inna ilaihi roji'un...
kemarin bangsa ini kehilangan satu lagi tokoh musik yang Paling Fenomenal tahun ini. Mbah Surip....
Setelah dikabarkan sakit sejak beberapa hari lalu, tepat pada pukul 10.30 WIB, Selasa (4/8) Mbah Surip akhirnya tutup usia.Jenazahnya akhirnya dimakamkan di di kawasan Bengkel Teater W.S Rendra , Depok, Jawa Barat untuk beristirahat selama-lamanya.

Kepergian Mbah Surip terus terang sangat mengejutkan. Soalnya, duda yang meninggalkan empat orang anak dan empat cucu itu lagi berencana syuting video klip bersama Ringgo Agus Rahman untuk single keduanya. Bahkan menurut salah satu saudaranya, Mbah Surip, Rabu (5/8) berencana akan pulang ke Mojokerto untuk rapat keluarga, terkait persiapan pernikahan putrinya yang bernama Resiatri Kresnawati (25).

Pengen ngerti Selengkapnya tentang kisah hidup Urip Achmad Rijanto Soekotjo alias mbah Surip ? berikut sepenggal cerita tentangnya...


Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Achmad Rijanto Soekotjo adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu.

Mbah Surip merupakan lulusan dari Sekolah Teknik (ST) Pasna Wiyata pada 1974 dan lulus dari STM Brawijaya pada 1977. Ia juga sempat menlajutkan pendidikannya ke Teknik Mesin Universitas Sunan Giri Cabang Mojokerto pada 1979.

Kelar menyelesaikan kuliahnya, Mbah Surip menikah dengan Minuk Sulistyowati. Dari pernikahannya ini, ia dikaruniai 4 orang anak, Tita (Prita), Farid (yang kemudian menjadi manager Mbah Surip di Jakarta), Krisna (Nina) dan Ivo (kuliah semester 2 di jurusan Satra Jepang Unesa).

Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Dari berbagai sumber, ditemukan bahwa penyanyi berambut gimbal ini sudah mengeluarkan beberapa album sejak 1997, di antaranya
IJO ROYO-ROYO (1997),
INDONESIA I (1998),
REFORMASI (1998),
TAK GENDONG (2003)
BARANG BARU (2004)
dan TAK GENDONG (2009)

Sementara untuk lagu Tak Gendong, ia ciptakan saat masih bekerja di Amerika pada tahun 1983. Lagu itu menjadi hits di televisi dan radio, dan kabarnya Mbah Surip berhasil meraup miliaran rupiah hanya dalam waktu kurang dari sebulan....
Hebat ya .....


Tapi yang namanya ada awal pasti akan ada akhir, kita sebagai manusia hanya bisa menjalaninya dengan ikhlas.....

Selamat jalan mbah, semoga semua dosamu diampuni dan amal ibadahmu diterima di sisi-Nya......Amin....

Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. we love u full mbah....
    semoga bahagia di sana....

    BalasHapus
  2. Selamat jalan Mbah, kau telah memberikan sebuah Inspirasi bagi kami :)

    kangtatang

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow