Archive for Agustus 2011

Semakin menjadi bangsa yang biadab...

Kalimat yang menarik muncul di account Facebooknya Dea Tunggaesti (itu lho perempuan cantik yang jadi tim pembelanya Nazarudin yang lagi heboh). Kira-kira kalimatnya seperti ini "....Dapat inspirasi dari orang hebat: Menyelesaikan problem negara ini tidak susah kok, tinggal panggil konsultan (yang pintar), panggil pemodal (banyak yang mau asalkan tidak diperas), selama pemodal kerjanya baik (tidak mengurangi KUALITAS), si pemodal td bisa DIPERKARAKAN. Maka "biaya koordinasi" dapat dihapuskan dan Indonesia bisa maju,...."
kakak Kandung Reisa Kartikasari ini emang belakangan menjadi bahan pembicaraan masyarakat baik di dunia maya maupun di alam nyata.

emang sih, kalau dipikir-pikir bener juga apa yang dituliskannya itu. Bangsa ini sudah semakin "mendekati ajalnya". mengapa ?

Pertama : para pejabat kita, para pemimpin kita dan para petinggi kita sudah semakin melambung dengan segala impian dan kepentingannya masing-masing. mereka sudah lupa dengan apa yang seharusnya menjadi komitmennya. semua hal yang ada di pemerintahan pusat sekarang sudah berbenturan langsung dengan segala kepentingan politik parpol. sehingga penegakan kebenaran, keadilan dan kejujuranpun sudah diselimuti dengan tabir kepalsuan partai politik. sebagai contoh kecil saja : Kasus Nazarudin yang semakin jelas bahwa dia hanya pion catur para pembesar, biaya koordinasi yang dikoordinasikan untuk kepentingan yang berkoordinasi saja tanpa memikirkan efek bola pantul yang kemudian timbul yang tentu saja jumlahnya bervariasi sesuai dengan lokasi dan posisi yang berkoordinasi, pemilihan ketua lembaga independen yang seharusnya independen tanpa intervensi partai politik malah justru menjadi ajang rebutan agar yang jadi ketua adalah orang mereka, jangan lupa juga kasus-kasus besar yang kemudian lenyap tak berbekas begitu saja.  lha terus mau jadi seperti apa bangsa ini beberapa tahun lagi ??

oke, itu baru sekilas para pejabat yang sudah "jadi". nah kalau yang belum jadi alias yang masih bakal calon ??
PARAH gan.......kita ambil contoh di daerahku aja. Pemilukada kemarin dimana ada 4 calon bupati, berakhir dengan acara tuntutan salah satu calon kepada calon lain yang memenangkan pemilu. dengan alasan telah terjadi kecurangan dalam proses "pembagian uang saku" kepada masyarakat sebelum pelasanaan pencoblosan. dalam tuntutannya si penuduh mengatakan bahwa pihak tertuduh sudah melakukan intimidasi dan bahkan penculikan disertai penganiayaan kepada "tim suksesnya". dengan kata lain, secara nggak langsung dia mengakui bahwa dia telah menggunakan uang sebagai "alat perayu" masyarakat. untungnya saja kasus ini sudah berakhir setelah persidangan yang aneh di Mahkamah Konstitusi
nah kalau sudah begini siapa yang akan bertanggung jawab akan kemurnian bangsa ini kalau pada setiap pemilukada di Indonesia tercinta terjadi hal yang sama ??

Kedua, dengan semakin tidak jelasnya pemerintahan yang ada di pusat sana, masyarakat yang ada di daerahpun semakin pesimis dengan hidup mereka. tingkat kepercayaan terhadap pemerintah semakin turun secara drastis. semakin banyak masyarakat yang berpikir bahwalebih baik mengurusi kepentingan mereka sendiri daripada ikut memikirkan negara dimana para negarawan yang ada juga sudah tidak memperdulikannya lagi. hidup yang sekarang sudah susah tidak sepatutnya dibuat semakin susah lagi...

Ketiga, semakin banyak orang yang dengan berkedok agama justru kemudian melakukan perbuatan-perbuatan yang memperburuk citra agamanya sendiri. tau maksudnya kan ? terkadang miris juga melihat orang orang berpakaian bak (sory) kyai, yang jelas banget terlihat di tivi melakukan tindakan anarkis dengan merusak bangunan dan barang-barang yang katanya "digunakan untuk maksiat", mengeroyok warga yang menganut agama lain sampai babak belur dan bahkan dengan bangga meneriakkan kata jihad untuk menyerbu saudara sekeyakinannya sendiri...... itu bukan jihad gan, itu bodoh.
oke lah, sekarang kita lihat negara-negara yang katanya menjadi sumber setan di Amerika dan Eropa sana. Asal tahu aja gan, disana justru sedang terjadi fenomena "banjir muallaf". banyak masyarakatnya yang kemudian berubah keyakinan setelah mengetahui hakikat hakiki Islam yang cinta damai. Sori, disini aku ga bermaksud untuk SARA. tapi ini hanya sebagai penggambaran betapa malunya aku melihat negeri ini.
nah pertanyaannya, kalau hal-hal bodoh seperti itu masih saja ada. kapan bangsa ini akan bangkit lagi dengan segala persatuan dan kesatuan seperti ketika bangsa ini bangun dari penjajahan 66 tahun yang lalu ??

Empat, dari segi pendidikan gan. Sekarang sudah banyak rekan-rekan guru yang meninggalkan semboyannya yaitu "Menjadi guru yang benar-benar profesional. Guru yang menghayati profesinya demi tercapainya pendidikan yang berkualitas ". Kalau diuraikan secara awam dan setelah melakukan pengamatan terhadap rekan-rekan guru yang ada di sekitar, terdapat lima masalah yang menjadi penghambat kemajuan pendidikan kita. Kelima masalah itu adalah kehilangan jiwa pengabdian, keengganan untuk menimba ilmu, terasuki jiwa konsumerisme, mental pengemis, dan gemar berkhayal.
Sebagai contoh reel adalah gemar berkhayal,
Bagi si kecil, kita harus menumbuhkan imajinasi positif agar mereka terangsang menjadi insan kreatif. Mereka harus dibuai oleh khayalan-khalayan indah. Betapa enaknya jadi presiden atau menteri. Kemana-mana selalu dikawal. Betapa enaknya jadi pilot. Mampu menerbangkan pesawat di angkasa nan luas. Namun, khayalan itu seharusnya dihindari guru. Mengapa?
Guru yang gemar mengkhayal akan terjerumus dan menjerumuskan diri ke jurang kesengsaraan. Keinginannnya begitu besar, tetapi kemampuannya begitu kecil. Mereka ingin tampil necis, tetapi isi kantong begitu tipis. Maka, satu-satunya jalan adalah kredit bank. Dan ini adalah awal petaka.
Demi menurutkan keinginan, banyak guru rela menggadaikan SK untuk mencari pinjaman. Bank tentu saja menuruti keinginan itu. Mengapa? Tentu PNS tidak mungkin mangkir atau menjadi kredit macet. Dan ini adalah bentuk perwujudan khayalan itu. Guru sudah kehilangan gaji selama 5-10 tahun. Dan kondisi itu menjadi tragedy dunia pendidikan. Mengapa? Guru tidak lagi bergairah karena kehilangan penghasilan.
Masih ada lagi gan, sesuatu yang kelihatannya sepele tapi justru ingin aku cacimaki  yaitu bagaimana kelakuan publik figur kita yang kemudian dicontoh oleh ababil-ababil di segala penjuru negeri ini tanpa mempertimbangkan lagi nilai kesopanan, kepantasan dan nilai budaya.
sebagai contoh gan, kita lihat bagaimana cara para artis ababil (ABG labil) yang dengan santainya menggunakan pakaian "seadanya dan sekenanya" bahkan pakaian "belum jadi" yang mempertontonkan bagian-bagian tubuh yang seharusnya ditutupi. dan parahnya lagi itu semua dicontoh begitu saja oleh remaja remaja ABG di kampung-kampung yang jauh dari ibukota. bahkan kalau dipikir lagi apakah pas menggunakan hotpant di malam hari ketika udara begitu dingin menusuk tulang.


jujur saja gan, aku sebagai lelaki normal sih seneng saja liat yang kaya gitu. tapi disatu sisi hati ini miris banget gan lihat kemerosotan akhlak generasi muda bangsa ini.
aku memang bukan seseorang yang agamis, aku hanya seseorang yang bau amis. tapi aku akan malu kalau pelukan di jalan raya yang banyak orang apalagi sampai ciuman dengan seorang artis sekalipun. AKU MASIH PUNYA HARGA DIRI gan.....

sumpah masih banyak curhat dan caci maki yang sebenernya pingin aku tulis disini. tapi capek juga nulisnya. yang jelas kita sebagai manusia mungkin perlu mencontoh 7 sifat positif setan. yaitu pantang menyerah, kreatif, konsisten, solider, jenius, tanpa pamrih dan kompak dengan sesamanya. hehe...jangan salah faham dulu gan, Sifat jahat setan memang hendaknya jangan ditiru! Tapi tidaklah dosa jika kita mencontoh sifat-sifat baiknya yang bisa berguna bagi kebaikan diri kita dan bersama.
8.27.2011
Posted by ngatmow

Zi Ramadhan tahun ini

Sekali-kali aku mau update foto anakku Zi ke sini ah. Soalnya sudah lama banget sejak terakhir aku pampang fotonya dia lewat dunia maya.


Foto-foto ini adalah hasil jepretan dengan kamera handphone. Nokia 6500 slide tepatnya. jadi kalo gambar kurang mantab ya memang seperti itulah adanya kamera 3,2 MP...'












Mohon komentar kalo berkenan ya, oya jangan lupa berkunjung juga ke Album Jepretanku di Flickr yang lain, tentu saja dengan peralatan yang berbeda-bedam serta berbagai tema menarik dan khas orang desa ; Ngatmow Prawierow.

8.26.2011
Posted by ngatmow

Recomended Movie : "Le Grand Voyage"

Pas browsing ane nemu satu film menarik gan, judulnya "Le Grand Voyage” atau "Ar-Rihlatul Akbar" atau kalo dalam bahasa Indonesia "Perjalanan Agung". yang ibintangi oleh Nicolas Cazale, Mohamed Majd dan Jacky Nercessian. film ini memang sudah diproduksi kurang lebih 6 tahun yang lalu tapi berhubung ane baru nemuin sekarang dan nggak mau kehilangan film ini, maka baru sekarang ane posting film yang sebenarnya menyimpan makna yang mendalam ini.
Banyak yang bisa dipetik dari film ini, mulai dari kesabaran, pengorbanan, kasih sayang, Akhlak hingga urusan berbakti kepada orang tua.


Isi Film

Film ini mengisahkan perjalanan seorang ayah bersama anak laki-lakinya (Reda) menuju Mekkah yang penuh makna kehidupan. Reda diminta menemani ayahnya untuk mengantar ke Mekkah menunaikan ibadah haji.
Namun sang ayah telah berniat melakukan perjalanan ini tidak menggunakan pesawat, melainkan menggunakan mobil. Jarak yang mereka tempuh kira-kira 5000 km antara Perancis - Mekkah.

Di tengah perjalanannya, Reda bertanya kepada ayahnya, “Kenapa Ayah tidak naik pesawat untuk naik haji? Lebih praktis. Si Ayah menjawab,”Saat air laut naik ke langit, rasa asinnya hilang dan murni kembali. Air laut menguap naik ke awan. Saat menguap, ia menjadi tawar.” Itulah sebabnya lebih baik naik haji berjalan kaki daripada naik kuda. Lebih baik naik kuda dari pada naik mobil. Lebih baik naik mobil daripada naik kapal laut. Lebih baik naik kapal laut daripada naik pesawat.

”Ketika Ayah kecil, almarhum kakekmu berangkat naik keledai. Ayah tak pernah melupakan hari itu. Kakekmu lelaki pemberani. Tiap hari Ayah naik ke atas bukit, disana Ayah bisa lihat cakrawala. Ayah ingin jadi orang pertama yang melihatnya kembali.”

Perjalanan Ayah dan anak sejauh 5000 km ini bukanlah tanpa halangan dan tantangan. Dari Perancis menuju Italia terus ke Slovenia, Kroasia, Yugoslavia, Bulgaria, Turki, Syria, Yordania, dan akhirnya sampai ke Arab Saudi. Perjalanan ini, selain memerlukan stamina yang tangguh, juga dipenuhi berbagai macam cobaan seperti konflik internal antara ayah dan anak, kehilangan uang di tengah perjalanan, tertimbun salju dan lain sebagainya.



Namun perjalanan sesungguhnya bukanlah perjalanan sang ayah yang menunaikan ibadah haji. Perjalanan sesungguhnya adalah perjalanan sang anak yang menemukan hakikat hidup selama menempuh perjalanan ini. Reda, si anak bukanlah pemuda yang spiritual dan tugas mengantar ayahnya ini semula karena terpaksa disebabkan oleh karena ayahnya tidak bisa menyetir sedangkan kakanya dicabut SIM-nya. Reda masih SMU dan punya pacar sehingga sepanjang perjalanan selalu teringat kekasihnya. Selain itu, Reda sangat egois dan suka kemewahan.

Karena perjalanan inilah, Reda mendapatkan perjalanan rohani yang maha dasyhat. Dari setiap konflik dengan ayahnya, halangan dan tantangan yang secara bersama mampu dihadapi hingga sampai ke tempat tujuan. Akhirnya Reda pun harus menghadapi kenyataan Ayahnya meninggal di tanah suci.

Perjalanan Agung sang Ayah ini telah memberikan perjalanan spiritual tersendiri bagi sang Anak.

Pengen liat filmnya ? Download aja di link berikut ini :


Part 1
Part 2
Part 3
Part 4
Part 5
Subtitle Indonesia

Sumber : Apa Aja
8.25.2011
Posted by ngatmow

Resmi tidak ada recruitmen CPNS 2011-2012

Membaca sebuah surat kabar, aku menemukan tulisan menarik bahwa Tiga kementrian terkait sudah sepakat menghentikan sementara alias moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), yang berlaku 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012. Rencananya, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkeu Agus Martowardojo, dan Menpan-RB EE Mangindaan, menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang moratorium penerimaan CPNS itu pada 24 Agustus 2011.

"Insya Allah akan diberlakukan moratorium dengan pengecualian-pengecualian yang sangat ketat," ujar Gamawan di kantornya, Jumat (19/8).

Meski ada moratorium, namun ada sejumlah pengecualian, dengan tujuan untuk menjamin terselenggaranya pelayanan minimal. Misalnya, tetap menerima CPNS bidang kesehatan seperti dokter, untuk menggantikan yang pensiun. Tenaga bidang pendidikan seperti dosen, juga tetap direkrut. Dikatakan Gamawan, untuk PNS tenaga administrasi saat ini sudah membludak.

Dipaparkan Gamawan, jumlah PNS per 13 Mei 2011 sebanyak 4.708.330 orang atau memiliki persentase 1,98 persen dibanding jumlah penduduk sekitar 237 juta orang lebih. Menurut lokasi, jumlah PNS pusat sekitar 916.493 orang (19,5 persen) dan PNS daerah 3.791.837 orang (80,5 persen).

Kebijakan moratorium ini, kata Gamawan, akan disosialisasikan oleh tim reformasi birokrasi kepada gubernur dan bupati/wali kota.

Masa moratorium ini, lanjutnya, akan digunakan untuk menata kepegawaian, misalnya soal distribusi yang belum merata. Nantinya, jika ada kelebihan PNS dalam kabupaten/kota, bisa didistribusikan kepada daerah lain di satu provinsi yang kekurangan. "Sehingga tak harus menambah, tapi menggeser," kata Gamawan.

Hal yang sama juga diberlakukan untuk instansi pusat. Jika kementerian tertentu kelebihan jumlah PNS bidang tenaga administrasi, dilakukan pemindahan ke kementerian lain.

Terpisah, Menpan-RB EE Mangindaan menjelaskan, moratorium ini akan disepakati dalam bentuk penandatanganan SKB oleh tiga menteri terkait itu. Mangindaan pernah mengatakan, moratorium ini bukan berarti pemberhentian seluruh rekrutmen CPNS baru. Ada beberapa pos penting yang tetap membutuhkan regenerasi PNS baru melalu seleksi CPNS. Diantaranya tenaga sipir, tenaga pendidik dan kesehatan.

Perlu diketahui, moratorium recruitmen CPNS ini sudah disetujui oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau menyebutkan bahwa alokasi belanja pegawai yang terus meningkat, sebaliknya porsi belanja modal untuk pembangunan daerah justru menurun. Peningkatan porsi belanja pegawai dalam APBD berkaitan erat dengan terjadinya penambahan dan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru daerah setiap tahun, yang dalam banyak kasus, tidak sesuai dengan kompetensi dan keperluannya.

Yang lebih memprihatinkan lagi kata SBY, sebagian belanja modal juga digunakan untuk pembangunan rumah dinas, pengadaan mobil dinas, dan pembelanjaan lain yang tidak tepat. Seharusnya, belanja modal digunakan untuk pembangunan infrastruktur, misalnya jalan dan jembatan, yang justru perlu ditingkatkan.

SBY meminta agar belanja operasional, seperti belanja pegawai, belanja barang, dan belanja perjalanan dinas sedapat mungkin dikurangi dan terus dijaga efisiensinya. SBY pun mendukung kebijakan untuk dilakukan moratorium pengangkatan PNS Daerah.
Selain itu dalam konteks pemekaran daerah, SBY mengatakan perlu kiranya dikritisi bersama-sama. Sejak pelaksanaan otonomi daerah tahun 1999 sampai saat ini, daerah baru mengalami penambahan yang luar biasa hingga 205 daerah, yang terdiri dari 7 Provinsi, 164 kabupaten, dan 34 kota.

Dengan demikian kata SBY, jumlah daerah saat ini telah mencapai 524 daerah, yang terdiri dari 33 provinsi, 398 kabupaten, dan 93 kota. Akibatnya, alokasi anggaran yang sesungguhnya diperuntukkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, banyak yang harus dialihkan untuk pembangunan fasilitas pemerintahan, belanja pegawai, dan keperluan lain bagi pemekaran daerah baru.

Sumber : Jawa Pos
8.24.2011
Posted by ngatmow

Buka bersama tahun ini : MANTAB !!!

Kemaren sore, aku dan teman2 alumnus prajab Soropadan menggelar buka bersama plus kumpul-kumpul. Acara yang mengambil tema "Madhang Dhewek Mbayar Dhewek sing penting Kumpul" ini diadakan di WM. ETNIK yang terletak di (bekas) stasiun Banjarnegara.
Banyak cerita yang terjadi disana, mulai dari yang datang sangat banyak sampai diluar perkiraan, warung yang terlalu sepi sehingga pelayan kewalahan ngirim sajian sampai bang Zaki Satpol yang sangar ambil sendiri makan hidangan di dapur warung. Oya ada lagi, (hampir) semua peserta melaksanakan ibadah sholat maghrib di bilik makan....

sumpah, kamaren adalah moment buka bersama yang paling berkesan bagi aku dan teman-teman (yang kebetulan semuanya Pegawai Negeri) selama hidup di dunia. Tapi diluar itu semua, aku sangat bangga punya teman-teman seperti mereka yang mau meluangkan waktu barang 2 jam saja demi berkumpul dan saling menjalin tali silaturahmi sesama alumnus prajabatan di Soropadan beberapa tahun yang lalu.


mereka masih sama, masih saling menyapa, sama-sama gila, sama-sama suka tertawa dan makan sama banyaknya......


SEMOGA KITA SEMUA TETAP SEBAGAI SAUDARA.


8.20.2011
Posted by ngatmow

Zi sakit .... T_T

Pas seminggu yang lalu Zi sakit. badannya panas banget, nggak mau makan, diare trus kalo dikasih minum/makan mesti langsung muntah. Aku dah bawa ke dokter, pijet mbah dukun bayi sampai tak kasih minum air rebusan daun jambu, tetep aja masih diare dan anget.
dan karena kondisinya yang semakin lemes, pada hari minggu kemaren (7 agustus 2011) Zi aku bawa ke RS. selama 3 hari di disana, sumpah kasian banget.
yang biasanya lincah bergerak, harus diam tiduran karena dipasangi infus di tangan kirinya...






Alhamdulillah Zi di RS hanya beberapa hari saja, ga sampai satu minggu seperti yang aku khawatirkan. dan sekarang sudah berangsur membaik dan kembali normal seperti biasa.

Yang jelas, kejadian itu seperti peringatan buatku sebagai ayahnya dan juga istriku yang jadi bundanya untuk lebih memperhatikan buah hati kami dari pada perhatian selama ini......





8.12.2011
Posted by ngatmow

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M

Sedikit cerita tentang negeri ini gan, jujur aja aku sebenernya agak nggak suka dengan cerita-cerita yang mengalir di setiap mulut warga desa di daerahku yang mengatakan bahwa mereka tidak anti warga keturunan Tionghoa (Cina) tapi mereka dengan seenaknya masih mendiskriminasikan etnis minoritas ini di berbagai bagian kehidupan.

aku bukan seorang warga keturunan, tapi hatiku jadi begitu sakit dan miris saat nonton acara Kick Andy di sebuah stasiun TV swasta nasional tanggal 17 Juli kemarin. Dalam acara itu Andy F. Noya selaku presenter mengupas sebuah buku yang isinya "sangat menampar mukaku".

Dalam buku “Mereka Bilang Saya China” diceritakan tentang para perempuan yang berjuang melawan diskriminasi atas etnisnya. Ada yang berprestasi di dunia internasional, tetapi kewarganegaraannya masih sulit ia dapatkan. (Tentu saja kita semua tahu negeri yang dimaksudkan). Pribadi-pribadi yang memiliki andil besar tetapi perjuangannya melalui jalan terjal untuk diakui sebagai bagian dari bangsa ini.

Demikian pula dengan beberapa tamu Kick Andy kali saat itu : Basuki Tjahaya Purnama


Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.' (lahir di Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966; umur 45 tahun) adalah Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Ia merupakan etnis Tionghoa pertama yang menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur. Ahok, demikian ia biasa disapa, memang dikenal memiliki keinginan kuat dan kepedulian besar terhadap kesejahteraan rakyat. Masyarakat di provinsi Bangka-Belitung menyapa putra pertama dari Alm. Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) dan Buniarti Ningsing (Bun Nen Caw) dengan panggilan "Koh Ahok".

8.02.2011
Posted by ngatmow

Instagram

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow