Archive for Desember 2011

Cabai merah yang sudah tidak lagi ramah

Enggak tahu harus seneng apa sedih nih gan...
ane dulu pernah nulis tentang harga cabai merah yang bikin nangis darah karena harganya terjun bebas, kali ini ane mau cerita masih tentang cabe merah gan.


ceritanya gini gan, bapak mertua ane kan nanem cabe merah lagi sekebon, nah alhamdulillahnya panen kali ini harganya lagi tinggi-tingginya, apalagi menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2012.
Sumpah ane merasa ikut seneng gan.soalnya bapak jadi bawaannya ceria dan semangat banget.Disamping itu, siapa sih yang nggak ikut seneng kalo orang tuanya (meskipun mertua) sukses ??

Tapi di satu sisi, ane juga ngerasa sedih gan.banyak hal yang terkait dengan harga cabe yang terkadang sangat krusial dan terabaikan sehingga kurang dipikirkan oleh orang lain. 2 alasan paling kuat kenapa ane jadi sedih dengan harga cabe yang semakin menanjak ini adalah :
  • Pertama, bapak dan ibu ane di Wonosobo bukan produsen cabai, mereka adalah konsumen yang secara otomatis akan merasakan "beratnya" membeli sekilo cabai (yang hari ini menembus Rp.35.000/kg).Padahal sambel adalah menu wajib di setiap sajian makan dalam keluarga kami.
  • Kedua, ane jadi keinget ibu warung yang dulu jadi langganan ane makan pas kuliah gan, kasian dia sumpah.sebab dia punya menu andalan sambel. nah sambel kan bahan dasarnya cabe tuh, kalo cabe mahalnya minta ampun bagaimana dia bisa bertahan dengan warung kecilnya itu. Kasian kan kalo seorang ibu tunggal (dia sudah cerai dari suaminya gan) dengan 3 anak harus merasakan susahnya mencari penghasilan dari sebuah warung kecil yang secara tidak langsung "bertumpu pada harga cabai".

    Sebenarnya secara teori ada beberapa opsi untuk mengatasi hal "luar biasa" semacam ini yang bisa diterapkan oleh Bu Tatik (nama pemilik warung itu) gan, diantaranya :
    1. Mengurangi "kadar" bumbunya, hal itu akan berakibat makanan berkurang rasanya dan mengecewakan pelanggan, secara otomatis hal ini akan berbuntut pada berkurangnya pendatang ke warung kecilnya karena kecewa dengan rasa masakan. Hal terakhir yang terjadi adalah warung semakin sepi dan penghasilan bu Tatik untuk bertahan hidup semakin kecil.
    2. Menaikan harga makanan, ini juga samasaja dengan bunuh diri gan.di kalangan mahasiswa kelas ekonomi menengah kebawah (seperti ane dulu), harga adalah segalanya.warung yang dengan "tega" menaikkan harga makanan akan dengan "tega" pula ditinggalkan pelanggannya.
    3. Meniadakan sajian spesial yang biasa menjadi andalan yaitu sambel.tapi kalo khusus di Warung Bu Tatik, hal ini akan berakibat sama dengan nomer 1 gan. sebab yang dicari oleh pelanggan di warung ini tidak lain dan tidak bukan adalah sambelnya yang memang maknyus banget

Sebagai seorang manusia yang masih memiliki hati, ane jujur berada pada persimpangan kegalauan gan. Seperti yang sudah ane bilang tadi, entah kenapa hati ini rasanya nanggung banget antara seneng atau sedih, antara bahagia atau nelangsa.
Dan parahnya adalah sebagai orang kecil, aku belum bisa melakukan apa-apa untuk "memeratakan kesempatan" di negeri ini atau minimal orang-orang yang ada di sekelilingku. entahlah....

Oya gan, ane ada gambar cabe yang unik nih, hasil panena kemaren banyak ditemukan cabe yang menggulung alias "ngruwel". dan berikut adalah penampakan cabe ngruwel yang paling ngruwel


12.28.2011
Posted by ngatmow

Pejabat Idola : Dahlan Iskan

Ini dia sosok menteri yang paling menjadi idolaku saat ini. Dahlan Iskan. Memang beliau ini adalah sosok yang "nyeleneh" bila dibandingkan dengan pejabat yang lain. tapi karena itulah beliau menjadi "layak" untuk aku idolakan.


Bukan hanya karena sifatnya yang ceplas-ceplos dan seadanya, bukan hanya karena gaya berpakaiannya yang ala kadarnya, dan bukan hanya karena keberaniannya mengungkapkan sebuah perkara tanpa tedheng aling-aling, tapi juga karena kemauannya untuk benar-benar membaur dengan masyarakat umum yang membuatnya lain dari yang lain.

Bahkan ketika menjadi seorang menteri seperti sekarang ini tidak membuat pembawaan Dahlan Iskan berubah. Setidaknya ini yang terlihat ketika Dahlan, yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara, tetap mengenakan sepatu kets ketika mengikuti upacara pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/10/2011. Dahlan merupakan satu-satunya anggota Kabinet Indonesia Bersatu II yang mengenakan sepatu kets. Kali ini, sepatu kets yang dipakai berwarna hitam, senada dengan celana bahannya yang berwarna gelap.(okezone.com)

Berikut secuil biografi Dahlan Iskan yang aku kumpulkan dari berbagai sumber :

Dahlan Iskan (lahir tanggal 17 Agustus 1951 di Magetan, Jawa Timur), adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos News Network, yang bermarkas di Surabaya. Ia juga adalah Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2009. Pada tanggal 19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara menggantikan Mustafa Abubakar yang sedang sakit.

Dahlan Iskan dibesarkan di lingkungan pedesaan dangan kondisi serba kekurangan. Orangtuanya tidak ingat tanggal berapa Dahlan dilahirkan. Dahlan akhirnya memilih tanggal 17 Agustus dengan alasan mudah diingat karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dahlan Iskan pernah menulis buku berjudul Ganti Hati (catatan tersebut dapat dibaca di Pengalaman Pribadi Menjalani Tranplantasi Liver) pada tahun 2008. Buku ini berisi tentang penglaman Dahlan Iskan dalam melakukan operasi cangkok hati di Cina.

Karir Dahlan Iskan dimulai sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda (Kalimantan Timur) pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo. Sejak tahun 1982, Dahlan Iskan memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang.

Dahlan Iskan adalah sosok yang menjadikan Jawa Pos yang waktu itu hampir mati dengan oplah 6.000 ekslempar, dalam waktu 5 tahun menjadi surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar.

Lima tahun kemudian terbentuk Jawa Pos News Network (JPNN), salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia, dimana memiliki lebih dari 80 surat kabar, tabloid, dan majalah, serta 40 jaringan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1997 ia berhasil mendirikan Graha Pena, salah satu gedung pencakar langit di Surabaya, dan kemudian gedung serupa di Jakarta.

Pada tahun 2002, ia mendirikan stasiun televisi lokal JTV di Surabaya, yang kemudian diikuti Batam TV di Batam dan Riau TV di Pekanbaru.

Sejak awal 2009, Dahlan adalah sebagai Komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC)yang akan memulai pembangunan Sambungan Komunikasi Kabel Laut (SKKL) pertengahan tahun ini. SKKL ini akan menghubungkan Surabaya di Indonesia dan Hong Kong. Dengan panjang serat optik 4.300 kilometer

Sejak akhir 2009, Dahlan diangkat menjadi direktur utama PLN menggantikan Fahmi Mochtar yang dikritik karena selama kepemimpinannya banyak terjadi mati lampu di daerah Jakarta. Semenjak memimpin PLN, Dahlan membuat beberapa gebrakan diantaranya bebas byar pet se Indonesia dalam waktu 6 bulan, gerakan sehari sejuta sambungan. Dahlan juga berencana membangun PLTS di 100 pulau pada tahun 2011. Sebelumnya, tahun 2010 PLN telah berhasil membangun PLTS di 5 pulau di Indonesia bagian Timur yaitu Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Citrawangan. Selain sebagai pemimpin Grup Jawa Pos, Dahlan juga merupakan presiden direktur dari dua perusahaan pembangkit listrik swasta: PT Cahaya Fajar Kaltim di Kalimantan Timur dan PT Prima Electric Power di Surabaya.

Pada tanggal 17 Oktober 2011, Dahlan Iskan ditunjuk sebagai pengganti Menteri BUMN yang menderita sakit. Ia terisak dan terharu begitu dirinya dipanggil menjadi menteri BUMN karena ia berat meninggalkan PLN yang menurutnya sedang pada puncak semangat untuk melakukan reformasi PLN.
Dahlan Iskan menjanjikan satu hal, mantan Direktur Utama PLN ini menyatakan bahwa dirinya siap turun jika Presiden merasa tidak puas dengan kinerjanya.
"Kapan saja Presiden merasa tidak puas dengan kerja saya, ganti saja kapanpun Presiden mau. Tidak perlu nunggu enam bulan, satu tahun atau sebagainya.  Bahkan kalau saya meneken (tanda tangan) di kertas kosong, saya bersedia," tegasnya.


Website : http://dahlaniskan.wordpress.com
Buku :
  1. Buku Ganti Hati (Online)
  2. The Joy Of Agony
  3. Pelajaran Dari Tiongkok
  4. Menegakkan Akal Sehat
12.24.2011
Posted by ngatmow
Tag :

Cara pengisian baterai gadget baru yang benar

Pernah kalian mendengar kalimat seperti ini ?
“Pengisian pertama selama 8 jam penuh dalam kondisi gadget mati”

Tentu saja bagi kita pengguna gadget pasti sering sekali mendengar hal semacam ini. Disamping yang menyampaikan adalah yang jualan, yang pasti punya product knowledge bagus dan bisa jadi alasan yang cukup rasional untuk memercayai kata-katanya.

Tapi apakah ini bener ?

Ternyata tidak ada satu kalimat pun yang menyatakan demikian. Tidak mungkin produsen gadget yang di bukunya menuliskan begitu detail tiap prosedur pengoperasian dan hal-hal yang berhubung dengannya (seperti anjuran untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak), kemudian lupa menuliskan prosedur pengisian seperti yang dikatakan penjual tersebut.

Kesimpulan saya, penjual-penjual gadget tersebut selama ini telah melakukan kebohongan publik berjamaah! Jangan percaya!

Inilah petunjuk pengisian baterai gadget baru yang benar yang saya simpulkan dari beberapa buku manual handphone :

  1. Gunakan hanya charger yang sesuai dan diijinkan untuk type gadget tersebut
  2. Baterai baru akan terisi secara optimal setelah 2 hingga 3 kali pengisian dan pengosongan. Maksudnya, isi baterai baru tersebut sampai penuh dan gunakan sampai habis baru diisi kembali, sampai 2 atau 3 kali siklus, baru baterai tersebut akan mencapai titip optimalnya untuk menampung daya listrik
  3. Segera cabut charger dari gadget setelah baterai penuh. Membiarkan charger tetap menancap dengan arus yang terus mengalir akan memperpendek umur baterai!. Dan inilah yang terjadi ketika Anda mengisi baterai baru selama 8 jam seperti yang dianjurkan oleh penjual gadget itu! Maksud hati supaya baterai terisi benar-benar penuh tetapi malah memperpendek umur baterai! (perhatikan point 2)
  4. Ketika pengisian, usahakan tidak menggunakan gadget tersebut. Biarkan diam di tempat! Menggunakan gadget saat sedang diisi akan mengakibatkan lamanya waktu pengisian dan bisa memperpendek umur baterai!
  5. Handphone boleh diisi dalam keadaan on atau off.

Selain itu, pada beberapa gadget sudah ada yang menerapkan teknologi aliran listrik putus secara otomatis apabila proses pengisian sudah penuh.

Sumber :
12.13.2011
Posted by ngatmow

Instagram

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow