Posted by : ngatmow 5.29.2015

Waktu menunjukkan jam 17.15 sore ketika gas kendaraan diinjak semakin dalam di jalan sempit dengan banyak belokan yang cukup tajam itu. Sementara dari arah barat nampak semburat kemerahan semakin memudar berganti mendung dan awan berarak yang berwarna gelap.


Dan akhirnya...... Terlambat !!

Saya tidak sempat mengabadikan momen indahnya matahari terbenam di Pantai Krakal sodara-sodara. Kecewa sekali tentunya. Tapi mau bagaimana lagi....

Ya. Pantai Krakal yang berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Yogya ini memang sudah lama kondang sebagai salah satu pantai yang memiliki keindahan luar biasa. Garis pantainya landai dan ditaburi pasir putih dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai, menjadi rumah bagi ikan-ikan karang berwarna-warni. Ikan damselfish kuning dengan aksen biru di punggungnya, ikan kepe-kepe (butterflyfish) bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta sekelompok ikan kecil berwarna biru terang berenang di antara bebatuan. Kaki-kaki bintang laut hitam menjulur keluar dari balik batu tempat persembunyian mereka. Juga eksotisnya ruput laut yang menghiasi karang karang di sepanjang bibir pantai.... Yeahh.....

Sedikit informasi nih sodara-sodara, Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS - lokasi: S8°8'43" E110°35'59" Jarak lokasi dari kota Jogja kurang lebih 65 Km, sekitar 2 Km sebelah Timur Pantai Drini dan Pantai Sarangan dengan pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati udara laut sambil jogging, mandi/berenang di pantai, dan menikmati keindahan maupun mencari aneka biota laut dengan jaring kecil yang banyak dijual.

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Jawa, dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul. Memiliki pantai yang luas dan terpanjang diantara 7 pantai lainnya yang berada dalam satu kawasan nan eksotis (yaitu Pantai Baron, Pantai Sundak, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan Pantai Sepanjang). Bagi yang gemar melakukan perjalanan panjang alias touring, maka pantai ini sangat layak dan sangat direkomendasikan untuk dituju. Sebab perjalanan menuju ke pantai ini sangat menantang, berkelok kelok, naik turun perbukitan, dan melewati bukit-bukit kecil dengan batu-batu besarnya, karakter yang khas untuk wilayah karts. Berdasarkan beberapa penelitian geologi, ribuan tahun yang lalu, daerah Krakal adalah ruang bawah tanah laut. Melalui proses alami, ruang bawah tanah itu semakin tinggi dan muncul sebagai dataran tinggi.

Untuk yang ingin menginap dan menikmati malam di Area ini, jangan khawatir. Pengembangan pantai Krakal sebagai tempat wisata sudah lumayan baik kok. Di sekitar pantai sudah terdapat gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk leyeh-leyeh sambil bercengkrama bersama teman-teman atau keluarga. Di salah satu sudut pantai juga sudah berdiri cottage cottage dan homestay yang cukup nyaman walau sedikit ada kekurang nyamanan di waktu malam karena kurangnya pilihan warung makan.

Untung bagi saya karena pada pagi harinya tidak bangun kesiangan dan sempat menikmati indahnya matahari terbit di ujung timur pantai. Seketika perasaan kecewa sebelumnya musnah, ingatan tentang rute yang berkelok tajam dan perjalanan 6 jam dari Banjarnegara sirna dengan hangatnya sapaan sinar matahari pagi.


Dan pagi itu nampaknya bukan saya saja yang merasakan kenikmatan berada di pantai ini, sebab di tengah ombak nampak beberapa orang bule asik surfing menantang ombak bertipe reef break yang cukup menantang.

Yeah, nice trip and great beach that day.......
Some day, i must be back again there.




Dan inilah secuil keindahan karya Sang Maha Pencipta yang sempat terekam di kamera











Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Instagram

Arsip

Copyright 2008 ZISBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow