Archive for November 2008

HARI GURU NASIONAL

selamat hari guru buat bapak dan ibu guru se tanah air Indonesia......
ada satu harapan semoga kesejahteraan bapak ibu semuanya menjadi semakin terjamin dan nyata kayak di negara-negara tetangga kita.

emang kan wong anak kecil aja tahu kalo sudah bukan berita baru bila ada seorang guru yang sampe harus hutang sana sini demi menyekolahkan anak mereka, sudah bukan berita baru lagi kalo banyak dari mereka yang sampe harus memiliki usaha sampingan yang justru biasanya sangat berat hanya untuk mendapatkan pundi-pundi uang.TRAGIS.....
ada satu pertanyaan untuk para pejabat kita..........
...................mereka kan pernah kecil dan menjadi seorang murid,sekarang setelah mereka menjadi orang terhormat di negeri ini,apakah mereka masih mengingat jasa guru-gurunya dulu ???...............

padahal kalo di negara tetangga kita sana, gaji guru itu adalah salah satu gaji tertinggi yang diberikan pemerintah kepada warganya.lha kalo di negara kita ? boro-boro deh.....
udah gajinya sedikit,potong sana potong sini, sumbangan, dan aneka rupa pungutan liar khas "Indonesia"............sisanya ? jangan dibahas deh

ada sebuah obrolan dari seorang guru senior yang selama ini masih menanti dan mengharapkan turunnya gaji yang besar setelah beliau dinyatakan lulus sertifikasi (yang katanya menjadi tolok ukur profesionalitas guru dan mendapatkan gaji yang 4x dari biasanya)..........tapi setelah satu tahun,mana buktinya ??? beliau harus mengadu kepada siapa,wong PGRInya saja nggak tahu dan ada kesan nggak mau membantu???

makanya, kita sebagai warga bangsa yang katanya masihmemegang budaya ketimuran, sekali-sekali kita tengok deh gimana keadaan sekeliling kita.terutama guru-guru kita yang sudah sangat berjasa sekali menjadikan kita manusia beradab yang bisa membaca.
sebenarnya masih ada satu pertanyaan lho.............
apakah masih ada orang yang akan selalu ingat pada jasa bapak dan ibu gurunya sampai saat ini selain aku ??? he he he he
11.27.2008
Posted by ngatmow

BUDAYA KEKERASAN KITA

gak usah dipingkiri lagi kalo bangsa kita adalah bangsa yang penuh dengan budaya kekerasan dan budaya UUD alias ujung-ujungnya duit......betul ga?
soalnya setiap hari dan hampir setiap saat kedua hal itu terjadi dan menjadi head line news baik di media cetak maupun yang sudah canggih seperti berita lewat internet.....
kalo dipikir-pikir sebenernya ngapain sih pemerintah kita susah-susah menggalakkan penegakan disiplin kalo warganya aja sudah punya budaya itu mendarah daging mereka ?

sori, polisi yang seharusnya menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian justru sering ikut tawuran, gak sabaran dan yang jelas terbukti adalah aksi preman alias pemalakan pengendara kendaraan,terutama yang paka plat nomor beda kota....

sori, pak dewan DPR yang katanya mewakili aspirasi rakyat kadang suka iseng mengada-ada soal rapat pleno pembahasan undang-undang yang gak jelas dan sering justru merugikan masyarakat.padahal mereka sebenernya cari duit komisi duduk itu.....

sori lagi,sebenernya ngapain ada penggrebekan preman di terminal dan sebagainya kalo kemudian dilepasin lagi setelah cuma didata ??? tanpa ada tindakan tegas mereka akan balik seperti itu lagi lho pak....kan mereka juga butuh makan....

sori selanjutnya, sebenernya ngapain ada pengacara kalo pada kenyataannya mereka malah justru ngomporin kliennya untuk sidang di pengadilan ? apalagi untuk kasus yang sebenernya bisa diselesaikan secara kekeluargaan ?

ah gak tau ah...pusing aku......
yang penting sekarang gimana caranya ya cari duit yang banyak dalam waktu yang singkat......
tapi HALAL lho....gak ngerugiin sapa-sapa......
tolongin dong.............
11.20.2008
Posted by ngatmow

Bulan ini pengangguran bertambah.....!!!

di beberapa universitas di tanah air bulan ini menggelar upacara wisuda mereka.....masing masing bisa mencapai ratusan wisudawan wisudawati yang di"akhiri" masa kuliahnya.....

dan imbasnya ?

tentu saja akan muncul banyak pencari kerja baru yang akan bersaing dengan pencari-pencari sebelumnya yang sampe saat ini belum juga mendapatkan pekerjaan.......pusing gak tuh???


sebenarnya banyak alasan kenapa di negara kita ini semakin banyak pengangguran yang muncul merajalela.

pertama, jumlah lapangan kerja yang berbanding terbalik dengan jumlah pencarinya

kedua, terkadang masih adanya gengsi perseorangan terhadap jenis pekerjaan tertentu yang menyebabkan muncul keengganan ketika akan melamar suatu pekerjaan.

ketiga, dengan alasan pemaksimalan produksi terkadang perusahaan lebih suka menggunakan tenaga kerja yang bersifat temporer. dengan kata lain, sewaktu-waktu bisa di "buang" (ini termasuk juga perilaku Bank dan sebagian BUMN kita yang menggunakan jasa outsourching lho). padahal sebenernya justru cara ini adalah menambah jumlah "pengangguran yang enggak terlihat alias pengangguran semu"

keempat, susahnya mengajukan permohonan pinjaman modal bagi yang punya inisiatif membuka lapangan kerja sendiri.memang sih sudah ada program pemerintah misalnya PUKK,PNPM Mandiri dan sebagainya, tapi kenyataannya dananya sudah tersunat sana sini.

kelima, masih adanya budaya "SIRIK" dalam masyarakat kita jika melihat ada tetangganya yang sukses.biasanya mereka akan memvonis kesuksesan itu adalah hasil dari sesuatu yang tidak baik.

keenam,keamanan di negara kita tuh kurang banget.makanya investor asing ogah masuk.sementara di sisi lain aparat yang seharusnya menjaga keamanan ikut menjadi preman......gimana coba ??


Lha terus gimana coba, apa yang harus dilakukan para pencari itu?

ah gak tau ah.........

semoga aja pemerintah dan para petinggi kita akan sadar dan kembali berusaha untuk memperbaiki tatanan kehidupan masyarakatnya dengan semakin memperbanyak lapangan pekerjaan.......tul gak ??

11.11.2008
Posted by ngatmow

Dan merekapun akhirnya tereksekusi.....

beberapa hari yang lalu semua mata dunia menyaksikan akhir dari perjalanan hidup warga Indonesia yang katanya menjadi dalang dan pelaku Bom Bali I, Imam Samudra, Ali Imron dan Amrozi. Beragam tanggapan muncul ke permukaan, seperti ikan yang selalu mengeluarkan bibirnya jika makanan datang......
1. Sempat terceletuk dari bibir seorang mahasiswa.......bener gak sih mereka dieksekusi.gak ada yang tau kan....jangan-jangan..... 2. Ustadz Abu Bakar Baasir pernah mengatakan bahwa beliau takut kalo akan ada sesuatu yang menyeramkan dan menakutkan yang akan terjadi dan datangnya dari Sang Khaliq........nangudzubillahimindzalik...... 3. Kalo kita liat liputan kedatangan jenazah di kampung halaman mereka, ada satu hal yang sungguh "ajaib".....mereka disambut bak pahlawan.......nah disini muncul nih masalah baru, coba bayangin aja tanggapan dunia pada umumnya dan korban Bom Bali I pada khususnya tentang bangsa kita.......atau bahkan tentang agama Islam..... 4. Ada satu hal yang bikin salut tentang wasiat ketiganya........mereka minta dikafani denga kain kafan yang hargaya paling murah dan dari duit halal........coba bandingin aja sama masayarakat kita yang sekarang lebih suka glamour........bahkan sampe urusan kafan sekalipun, betul pak pejabat ? 5. ini mimpi seorang tukang ojek di ujung komplek.......dia mimpi kalo bakal ada tokoh-tokoh baru seperti ketiga orang itu di kemudian hari.mereka melakukan aksi terorisme lebih dahsyat dari almarhum seniornya.mereka nggak lagi bertujuan "jihad" tetapi lebih berorientasi pada balas dendam......nah lho...........
sebenernya masih banyak lagi yang isa ditulis kalo mau nongkrong sama tukang-tukang ojek di ujung kompleks.tapi berhubung hari sudah pagi ya terpaksa pulang deh........
tapi dari hasil obrolan itu,kalo dipikir bener bener kita emang dapat nemuin bahwa bangsa kita ini memang sudah berubah. sudah nggak lagi sebagai bangsa yang "ketimuran" tetapi sudah lebih menjadi bangsa yang SEMAUNYA SENDIRI.......kasian kan presiden kita......pusing dia mikirin rakyatnya yang amburadull.....
yah.....yang jelas sudah saatnya masyarakat bangsa kita kembali sadar bahwa negara ini bukan negaranya aliran,agama dan golongan tertentu saja.negara ini negara yang komplek bung.....yang perlu adanya rasa ASAH,ASIH DAN ASUH biar semuanya bisa berjalan dengan normal lagi seperti jaman dulu.......damai.dan yang pasti hukum di negara kita bukan hukum agama ataupun hukum setan,tapi hukum yang didasarkan pada PANCASILA dan UUD 1945.........bukankah hukum agama juga menyebutkan bahwa hukum yang berlaku bagi umatnya adalah juga hukum dimana dia berada ???
betul nggak ????
Posted by ngatmow

SUMPAH PEMUDA KINI....

mungkin banyak diantara kita sadar betul apa arti sumpah pemuda pada jaman dulu. Sumpah yang dilakukan oleh pemuda yang benar-benar penerus bangsa itu dilakukan dengan segenap ketulusan hati dan dengan satu tujuan, MERDEKA.
tapi seiring dengan berkembangnya jaman dan budaya bangsa ini, secara perlahan namun jelas nyata adanya, sumpah itu semakin terlupakan. Simak saja tayangan berita di TV atau baca aja di koran.....

apa yang berubah?
jawabnya BANYAK. memang pemuda bangsa ini sekarangpun masih menyerukan teriakannya kepada para pemimpin bangsa. tapi apa yang diteriakkan ? Sumpah serapah bukan ?
Sebenarnya sungguh sangat disayangkan kalo sumpah pemuda jaman ini sudah berubah haluan menjadi sumpah serapah. Tapi apa mau dikata, mereka melakukannya karena mereka protes dengan apa yang terjadi dengan para pemimpin bangsa yang semakin amburadul dalam mengolah negeri ini.

Tengok saja anggota legislatif sekarang yang notabene hampir semua bermasalah. Nggak hanya yang sudah jadi anggota deh, calon pun banyak yang bermasalah. mulai dari ijasah palsu, KTP palsu, SKCK palsu, dan sebagainya. Lalu untuk apa mereka mencalonkan diri sebagai legislatif ? ya UUD lah.... (ujung Ujungnya Duit) bukan ?

Ada satu kekhawatiran tersendiri andaikata sistem pemerintahan bangsa ini nggak segera dibenahi. BANGSA KITA AKAN HANCUR BERANTAKAN.... oleh tangan generasi penerus bangsa ini juga.
Sungguh sesuatu yang sangat menyedihkan dan ironis.....

Satu hal yang kemudian menjadi pemikiran bagi kita adalah marilah kita menguatkan diri masing-masing dengan mempertebal pengetahuan agama kita, meningkatkan kualitas moral kita masing-masing dan keluarga kita, serta kalo bisa nggak usah ikut campur urusan orang lain kalo orientasi kita hanya UUD saja. CAMKAN ITU..............
11.04.2008
Posted by ngatmow

Instagram

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow