Archive for Desember 2008

Sekarang aku pasrah....

duh berat sumpah......
bulan kemaren aku resmi mengundurkan diri dari kantor gara-gara dalam 4 bulan terakhir manajemen kantor semrawut abis.kacau bin balau.penyebabnya cuman satu.........bosku yang baru lagi jatuh cinta sama cewek dugem....!!!

critanya sih 5 bulan yang lalu kan kantorku ada perekrutan karyawan baru,nah karena aku ada di posisi yang bertugas mengetes karyawan (apa coba ?) aku jadi tahu siapa aja yang ngelamar kerja.
nah salah satu dari puluhan pelamar yang masuk ada seoran cewek yang lumayan cakep dan pandai menyegarkan mata cowok karna pakaiannya press body contact banget......alias super sexy dengan rok super mini.


itulah awal dari semua cobaan ini bro......bosku yang kebetulan liat tuh cewek sorenya menemui aku dan menanyakan soal surat lamarannya.tanpa curiga sedikitpun oke deh aku kasih......
eh gak taunya besok paginya istri bosku nelpon aku katanya bosku gak pulang (maklum istri bosku sudah kayak mamaku sendiri) n nanyain apa aku ngerti.

kaget sumpah.......waktu sampe di kantor, temen2 lagi pada ngegosip kalo malemnya ada yang lihat bosku masuk ke tempat hiburan malem dengan cewek cakep......trus habis itu masuk hotel bintang 5 di komplek deket kantor.......ya sama cewek itu juga !!!

singkat kata singkat cerita, dengan pura2 nggak tau dan emang nggak mau tau selama 3 bulan berikutnya aku dan teman2 tetep bekerja seperti biasa. pada bulan pertama sejak peristiwa itu bosku tiba2 pergi ke pulau bali selama 1 minggu.full n yang jelas pake duit kantor !!
istrinya blingsatan......tapi kemudian nggak begitu marah karna dapet oleh2 special yang aku sendiripun nggak tau.

bulan kedua, bosku jadi sering nginep di kantor.alasannya lembur.....padahal pernah suatu hari aku yang sedang lembur mergokin cewek yang jadi simpenannya bos masuk ke kantor pas jam 11 malem....pas aku mau pulang.bisa kebayang kan apa yang akan terjadi......

bulan ketiga, masih berjalan kaya bulan sebelumnya tapi pada akhir bulan itu bosku katanya pulang kampung menemui istrinya di Balikpapan.....(bosku sudah punya 4 istri lho....Lampung, Balikpapan, jakarta dan Semarang, dan semuanya nggak saling tahu........hebat ya !!!)

bulan keempat, gaji karyawan nggak terbayar karna duit gaji ada di rekening bosku. total 575 juta sudah termasuk gaji karyawan dan dana kantor terbawa sang bos.....mulai disitu aku nggak pernah brangkat ke kantor lagi........soalnya aku cari uang sendiri lewat proyek design arsitek dan design grafis yang kebetulan menjadi kerjaaan sambilanku.

minggu kedua aku dapet kabar dari temen2 kalo hampir separuh karyawan ngggak masuk dan memilih keluar soalnya ada kabar bahwa bosku ternyata menghilang alias lenyap ......dan istrinyapun stress berat.masuk RS.

minggu ke tiga aku njenguk istri bosku di RS, dan apa yang aku temuin sungguh diluar dugaan ku.istri bosku gila......karna nggak kuat mikir suaminya dan gaji karyawannya (oya perlu aku beri tau kalo pada akhirnya temen2 karyawan yang sudah punya keluarga akhirnya menjarah barang2 kantor sebelum keluar) juga mikir kondisi ekonominya yang langsung terjun bebas.

minggu ke 4 aku mengajukan surat pengunduran diri ke kantor (padahal di kantor nggak ada bos langsung lho.....bodoh ya....he he ) dan pada saat itu juga aku dengar kalo istri bosku dibawa ke Singapura untuk berobat.aku mikir juga sih......pake duit siapa ya ?
awal blan berikutnya aku sudah resmi keluar dan resmi jadi seorang pengangguran yang punya banyak sampingan.

nah sekarang aku lagi pusing mikirin mau cari kerja lagi.
semua orang sudah tau kan kalo jaman sekarang ini cari kerja susahnya setengah hidup!! emang sih ada lowongan untuk kerja di Bank swasta nasional....tapi sori mori aku daftar.kenapa ? sistem kerja kontrak alias outsourching.......
aku sebenernya pengin protes sama pemerintah kenapa kok harus ada sistem seperti itu.padahal dulu waktu bapak ku masih muda, kan ga ada istilah begituan.susyah banget dah.....tapi keinginan itu aku batalin sebab aku lagi nunggu juga pengumuman seleksi CPNS (ironi banget ya ? he he he)
siapa tau aku lolos seleksi dan jadi seorang Pegawe Negri Sipil yang selama ini jadi dambaan setiap orang...............

dasar pengangguran, akhirnya aku tiap hari kerjaannya cuman bikin design dan ngeblog.
oya kalo ada yang mau liat hasil nganggurku, coba buka aja MULTIPLY ku dan DUNIA POSTER.
dan yang terakhir aku minta doa dari semuanya aja agar aku jadi orang yang berguna bagi agama, orang tua, nusa dan bangsa (lagi)................................

12.28.2008
Posted by ngatmow
Tag :

DEPAG oh DEPAG


Departemen Agama.......ya itulah dia
departemen yang memang mengurusi segala seuatu di negeri ini yang berkaitan dengan keagamaan.
dan sesuai dengan nama yang jelas tertera, maka departemen ini melakukan dan menjalankan segala sesuatunya dengan berdasarkan pada agama yang ada di negara kita tercinta.

Bullshit....!!!


kenyataannya adalah justru Depag adalah salah satu departemen yang paling disorot oleh masyarakat karena ke"bobrokannya". tentu saja bobrok dalam hal profesionalisme kerja.giman enggak coba, beberapa hari yang lalu ada sebuah tulisan di surat pembaca sebuah surat kabar yang berisi keluhan dari seseorang.

dalam tulisannya dia berkata
" saya adalah seorang guru agama Islam di xxx yang bernaung dibawah Depag, ............senada
dengan tulisan dari sdr.XXX pada Surat Pembaca edisi sekian sekian, saya juga mengalami hal yang sama dengan beliau. pada saat saya mengurus berkas-berkas untuk sertifikasi guru beberapa waktu yang lalu, saya diharuskan untuk meminta tandatangan dari departemen dimana saya bernaung (dalam hal ini Depag). kebetulan karena saya tidak bisa bertemu dengan yang bersangkutan, maka saya menayakan pada salah satu staff yang ada.setelah saya menjelaskan keperluan saya, dia menawarkan diri untuk membantu saya dengan imbalan jasa sebesar 50 ribu rupiah.memang............saya menanyakan kepada teman dari kota lain tersebut ternyata dia juga mengalami hal yang sama dengan jumlah nominal yang luar biasa.150 ribu.
Mohon pak Kepala Depag pusat untuk menindak lanjuti peristiwa yang akan mencoreng nama baik Instansi ini................................."

Nah lho......
itu baru 1 yang tertulis di media.kalo ditelusuri lebih lanjut,maka kita akan menemukan banyak kejadian yang lebih mencengangkan dan miris kalo diungkap karena sangat kontras dengan apa yang mereka sandang.Agama.

di beberapa daerah banyak dijumpai para pendidik alias guru Agama dengan NIP berawalan 13 (alias sudah lama benget jadi Pegawai Negri) yang ada dibawah naungan pada Departemen Agama yang ternyata belum mendapatkan sertifikasi guru.padahal untuk segala persyaratan dan masa kerja mereka SUDAH SANGAT TERCUKUPI dan bahkan JAUH TERLAMPAUI.......tapi mereka justru dianak tirikan dengan tidak mendapatkan perhatian dan bahkan prioritas memperoleh sertifikasi guru.
bandingkan dengan yuniornya (terutama yang dulu masuk dengan sedikit "amplop"), yang justru sudah menikmati gaji khas sertifikasi (ada yang sampe 4 kali gaji pokok lho !!!) padahal masa kerja mereka belum seberapa.

ada lagi guru yang jelas SUDAH LOLOS SERTIFIKASI dan sudah seharusnya mendapatkan buah manis dari pengabdian mereka kepada negara pada kanyataannya SAMA SEKALI BELUM
mendapatkan minimal "lirikan" dari Departemen yang membawahi mereka padahal sudah SETAHUN lebih.ketika ada salah seorang yang bertanya melalui media jawabannya adalah sabar dan sabar.

inget pak namanya manusia punya batas kesabaran lho.....coba kalo sampeyan ada pada posisi mereka......
sungguh ironi kalo kita melihat apa yang terjadi pada negara kita. semua yang berkaitan dengan
"Negeri" akan selalu nyambung dengan kata "tidak profesional".nggak dari desa,kota,provinsi bahkan pusat.
makanya anak-anak bangsa ini sangat fasih untuk mengatakan DOBOL pada pemerintah............
dan kita sebagai generasi pendahulunya sudah seharusnya mendengarnya.

12.25.2008
Posted by ngatmow
Tag :

sepak bola nya Indonesia = payah.....


walah itu dia satu kata yang langsung keluar dari mulut seorang penonton TV pas acara AFF 2008 antara Indonesia vs Thailand. yah gimana ngak ngumpat dan akhirnya mencaci maki.......orang permainan timnas kita yang seharusnya bisa dibanggakan justru.......ampun deh.

kita semua tau deh kalo PSSI bermasalah, nggak dari pemain, pelatih bahkan sampe jajaran petingginya juga penuh dengan masalah.
oke lah lupain dulu masalah para petingginya yang sok kuasa dan selalu pingin megang jabatan (tau sendiri lah orangnya), juga rapor pak Bendol (Beni Dollo) dalam melatih timnas kita.....


sekarang kita lihat aja keadaan yang sedang terjadi pada kondisi persepakbolaan negri ini.masa sih dari 250 juta lebih orang Indonesia gak ada yang mampu menggantikan posisi Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman ?
mereka udah tuir bung.........lihat aja bambang pas masuk ke lapangan barusan, cuman bisa wira wiri doang....................
udah saatnya pergantian tempat di timnas kita. tapi ingat, dalam pergantian emang butuh proses, bukan INSTANT kaya yang selama ini dikejar sama pengurus PSSI. lihat tuh Thailand, Vietnam, Malaysia dan negara tetangga yang lain sudah mulai berbenah dan mengganti timnas mereka dengan yang muda2. bahkan ada yang masih 17 tahun !!! masa PSSI gk malu tuh.......
(makanya topengnya lepas dong......)

trus ada beberapa hal lagi nih, kayaknya sudah tiba waktunya buat PSSI dan segala lika liku arogansinya untuk menerima lamaran dari pemain-pemain bola potensial yang sudah memiliki kewarganegaraan Indonesia untuk masuk ke timnas.
kenapa ?
lihat tuh malaysia dan singapura.......dengan adanya warga pendatang di timnas, secara otomatis warga aslinya memiliki semangat dan motivasi lebih untuk semakin giat berlatih.tujuannya jelas, untuk bisa masuk di timnas......!!! nggak kaya di sini bung......cuman mengandalkan wong sepuh aja yang sebenernya mainnya udah JELEK BANGET SEJELEK JELEKNYA.

trus udah saatnya juga merekrut pelatih asing yang bener-bener berkualitas.cantoh tuh Thailand yang make pelatih Peter Reid (mantan pelatih Manchester City, Inggris). liat buktinya kan ? permainan Thailand berkembang 180 derajat dari tahun-tahun sebelumnya. udah kaya permainan tim-tim Inggris di Premier League !!!
Kalo alasannya gak ada duit buat gaji dan kontrak........
makanya duitnya jangan diembat aja dong pak pengurus PSSI........masa yang digede gedein cuman kantong sampeyan aja........

oya ada satu lagi, kan banyak tuh pemain bola asli Indonesia di negara lain.......gunain dong tenaga mereka......jangan dicuekin aja.
dan yang jelas kalo ada pemain yang akan bermain di luar nagri.......Dukung.......jangan dimintain ongkos pengurusan paspor de es be.........kapan belajarnya sih pak ???

buat yang nonton Indonesia vs Thailand.............sabar aja bro, tim kita kan punya semboyan
" MENANG JARANG, KALAH BIASA..........................."


12.20.2008
Posted by ngatmow

aku dan pelayan toko cincin


kemaren sore pas matahari masih betah nongkronk di atas kepala, aku jalan-jaln ke pasar. ceritanya sih mau survey harga emas per gramnya sekarang berapa. yah namanya juga cowok, sampai di satu toko emas yang lumayan besar dan sudah "punya nama" di seputar kota kecilku,aku langsung aja nanya sama pelayan toko yang ada dan lagi nganggur dan tentu saja paling cantik dibanding lainnya he he.....
" maaf mbak mau nanya nih, sekarang emas per gramnya brapa ? "
" 264 ribu " jawabnya singkat sambil menatap tv di pojok ruangan.
asem banget nih orang.....pikirku
" wah mahal ya....."
" harga naik " singkat banget dia menyahut.
" oya mbak, kalo misalnya mau pesen cincin pake model kita bisa nggak ?" tanyaku
" mahal mas, bisa beli apa ?"
walah.......sombong banget nih orang.....
" brapa sih ? kan ada angkanya tuh " kataku sambil sedikit tersenyum
" tambahnya 75 ribu "
" o....cuman segitu......" ujarku memancing dia untuk tersenyum.
Dan gagal. makhluk satu ini masih dengan wajah penuh cabe dan asam, masih tetap menatap tv dan nggak memandangku sama sekali.
" gini mbak. aku sebenernya mau pesen nih.cincin pasangan pake modelku sendiri "
" trus ? "
" tapi aku nggak akan pesen sama mbak....aku mau pesen sama pak yanto sekalian "
(pak Yanto itu yang punya toko ini, alias juragannya mbak itu tadi.....)
seketika wajah makhluk buas ini menjadi pucat pasi.....dia langsung memalingkan mukanya dari tv dan menatapku penuh tanda tanya.
" maaf pak.....lha bapak ini siapa "
" walah jangan panggil bapak, wong nikah aja baru direncana kok.mas aja......"
" i...iya mas "
" saya temennya pak yanto. bilang aja ada mas brock di sini.pasti dia langsung keluar......"
" i...ya mas, sebentar saya panggilkan" jawabnya terbata dan dengan wajah yang masih pucat pasi.


sambil menunggu Yanto keluar, aku memperhatikan sekelilingku dengan seksama. aneh deh, katanya bangsa kita sedang krisis keuangan.......tapi kok yang beli emas sekarang banyak banget.padahal katanya harga naik lho.....264 ribu per gram !!!
" woi.....selamat datang den bagus brock......lama nggak ketemu gimana kabarnya ?" tanya seseorang di balik etalase.cowok dengan perawakan kurus kering berkacamata, dengan kulit hitam berbulu kaya orang india....
" walah baek kong ....... sukses kamu " jawabku sekenanya.kaget sih.
" he jangan panggil aku kong di depan anak buah dong. jaim dikit ngapa "
" he he kebiasaan........oke bos..... "
" oya gimana ? katanya mau pesen cincin....."
" iya nih, kalo mau pesen bisa ?"
" bisa aja sih, tapi paling nggak butuh waktu 5 hari lho "
" nggak masalah sih wong makenya tanggal 21 besok "
" trus pesennya yang gimana ?"
sambil mengeluarkan secarik kertas dengan gambar desain cincin yang sudah aku siapka sebelumnya, aku kembali bertanya sama Yanto
" eh per gramnya brapa sih ?"
" 245 ribu.itu pake harga lama."
" lho katanya 264 ribu ? trus kalo pesen 75 ribu satunya ?"
" biasa bro.....anak buah......"
" o gitu ya....."
" brapa gram nih ?"
" untuk yang ring 20, 7 gram, kalo yang ring 11, 5 gram aja. "
" oke, berarti totalnya 3 juta seratus ribu.potong 50 ribu.jadinya 3juta 50ribu. cash sekarang atau besok pas ngambil ?"
" sekarang aja " jawabku singkat sambil mengeluarkan segepok duit 50 ribuan.
sambil menghitung uang yang ada di tanganku, aku sempat melirik pelayan tadi.....dia masih memandang aku.mungkin dia heran kenapa cowok dengan pakaian gembel seperti ni bisa beli cincin dan akrab dengan bosnya.
" nih...." kataku sambil nyerahin uang.
" oya brock....sekarang kamu kerja dimana ?"
" he he aku kerja di rumah kong......"
" di rumah ? ngapain ?"
" aku buka usaha desain interior, arsitek dan desain grafis di semarang, trus ada juga usaha hardware komputer dan aku juga ngelola uang beberapa client lewat pasar valas....."
" banyak banget......emang bisa dari rumah ?"
" internet dong bro...."
" tapi sedari dulu kamu nggak pernah berubah sumpah brock.....pakaianmu itu lho......semrawut "
emang aku pakai pakaian seadanya sih, t-shirt putih yang sudah hampir jadi coklat lusuh yang udah ada bolongnya di bagian pundak, celana pendek warna hitam yang juga udah "mbladus", pake sendal jepit kanan putih biru, yang kiri putih ijo. klop bener sama gembel di perempatan.........

setelah beberapa saat kami ngobrol, aku pulang dengan sejuta pertanyaan di otakku. mengapa budaya bangsa kita selalu mengedepankan "casing" dengan terkadang tanpa memperhatikan "inner beauty" seseorang.
lait aja deh......kalo di terminal, kadang kita melihat orang dengan pakain rapi kantoran ternyata copet, orang dengan tato di badan ternyata santun dan baik bukan melulu preman, trus yang pake baju pejabat ternyata koruptor......nah lho....
mungkin udah saatnya kalimat saktinya Tkul di acara tv nya dia kita pake dan amalkan baik baik....
DON'T LOOK THE BOOK FROM THE COVER.....................

12.14.2008
Posted by ngatmow
Tag :

HARI RAYA IDUL ADHA

Qurban time.....
saatnya pesta sate nih....
bisa makan enak nih.....

walah.
pasti itu yang ada di pikiran kita semua yang merayakan hari raya Idul Adha atau yang sering kita sebut sebagai hari raya kurban. mengapa ? sebab pada hari itu banyak sekali hewan ternak yang dipotong dan kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada sesama umat muslim yang ada di sekitar.
nah karena saking banyaknya daging hewan kurban, biasanya ada beberapa orang yang kemudian memanfatkannya untuk disate secara bersama-sama di tempat pelaksanaan kurban sekalian sebagai sarana kumpul-kumpul bersama teman atau tetangga.

tapi apakah itu benar secara agama?
ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa pada pelaksanaan idul kurban, orang atau golongan yang dianggap mampu berkurban hanya boleh menikmati daging kurbannya sebesar 30% saja. itupun kemudian dibagikan secara merata kepada sesama masyarakat golongan mampu yang ada disekitarnya.
lha sisanya? ya dibagikan kepada masyarakat yang dianggap golongan nggak mampu kurban dong.....

pendapat lain mengatakan bahwa yang diutamakan untuk menikmati daging hewan kurban adalah tetangga yang berada di sekitar kita dulu.baru kemudian dibagikan kepada masyarakat yang kurang beruntung di luar wilayah teritori, berapapun persentase perbandingannya agar tidak MAKRUH karena menjadi omongan orang yang justru berada di sekitar kita.

dari kedua pendapat itu sebenernya ada satu hal yang bisa ditarik sebagai kesimpulan.......PADA INTINYA MARILAH KITA BERBAGI KEBERUNTUNGAN DENGAN SESAMA. terserah mau menganut kepada pendapat yang mana atau mungkin punya pendapat sendiri,yang penting dalam suasana idul Adha marilah kita ciptakan suasana gotong royong, kekeluargaan, semangat kerjasama dan keikhlasan yang hanya ditujukan kepada-Nya.




Selamat Hari Raya Idul Adha..................
12.09.2008
Posted by ngatmow

realita, crita dan patroli

waduh....
itu satu kata yang keluar dari beberapa orang penonton tv yang kebetulan sedang makan siang di warteg.saat itu acaranya adalah berita siang di salah satu tv swasta nasional.
ada apa gerangan ?
ternyata dalam tayangan tersebut muncul gambar beberapa orang perwira polisi berpangkat kombes (kalo nggak salah - komisaris besar) yang dicopot dari jabatannya gara-gara memback up perjudian. bahkan dalam tayangan itu juga sempat disebutkan bahwa di sebuah daerah di Sumatra aksi backingan pejabat polisi inisudah berjalan 3 periode.nah lho.....
kok bisa ya ? tayangan tersebut sungguh ironis dengan tugas pak polisi ini sebenarnya yaitu melindungi,mengayomi dan menjaga ketertiban masyarakat.tapi itulah kenyataannya dan merupakan secuil fakta yang baru bisa terbongkar ke media.
apakah masih ada yang lain ?
kalo kita mengamati dan mungkin pernah mengalami sendiri,mungkin kita juga akan meng-amini.gimana enggak, di sekitar kita banyak sekali aparat yang kemudian menjalankan bisnis sampingan seperti pengawalan perjalanan. sebut saja jasa pengawalan Gajah Oling, Satria Kembar, Pandawa Lima dan sebagainya yang hampir selalu ada di setiap bodi kendaraan pengangkut barang.
ada lagi.pernah ada seorang teman yang mengaku melihat ada beberapa oknum polisi mengganti isi botol miras dengan minyak dan sebagainya sebelum melakukan pemusnahan.padahal isi botol-botol itu sudah dipindahkan ke wadah lain.selain itu biasanya ketika dilakukan penggerebekan ganja,narkotika dan sebagainya, pasti ada oknum yang kemudian "menyimpan secuil" dari barang barang itu.(moga-moga aja nggak bener ya).
kalo di lalu lintas, banyak pengendara motor mengeluh karena di"tilang" oknum polisi gara-gara hal yang nggak masuk di akal untuk ditilang.aneh-aneh deh...kemudian mereka minta denda banyak lagi........
waduh kan.......???
sebenernya ada satu pertanyaan yang kemudian muncul di dalam pikiran kita (tapi mau disampaikan kemana kita biasanya nggak tau), kenapa para aparat sampai melakukan itu semua ?apakah gaji mereka nggak cukup alias kurang ?
nggak tau deh kenapa.hanya saja sebenernya kondisi ini sangat jauh bertolak belakang dengan penggalakan program sapu bersih premanisme dan tindak kekerasan yang selam ini terjadi.
tentunya semuanya sudah ngerti kalo besan pak presiden saj sampai dijadikan pesakitan gara-gara kasus korupsi,atlet balap nasional (ananda mikola) juga masuk bui karena melakukan penganiayaan, banyak anggota dewan yang akhirnya jadi teman maling sepatu di balik terali besi, dan sebagainya dan sebagainya.

ada satu harapan dari kami warga kecil yang selalu minta perlindungan pada aparat.............bekerjalah dengan benar dan sesuai dengan "kodratnya". jangan ada penyelewengan barang sedikitpun hanya karena masalah uang. ingat gaji aparat adalah uang rakyat juga dan sudah sepantasnya bekerja untuk yang menggajinya dengan sepenuh hati.........coba saja renungkan berapa banyak gaji yang diterima jika dibandingkan dengan gaji seorang pegawai dinas kebersihan yang juga digaji rakyat........jangan sampai deh nanti ada orang yang kemudian menyebut aparat dengan keparat...........dan satu lagi buat semuanya saja
KORUPSI ITU DOSA BUNG.......................
12.05.2008
Posted by ngatmow

Berita gembira buat para guru


ada yang nonton berita tadi sore ga ? SBY berjanji kalo tahun depan gaji guru naek lho....tentu aja ini sebuah kabar yang sangat bagus dan perlu disambut dengan senyuman hangat...
kabarnya beliau juga akan memperhatikan nasib guru tidak tetap dan guru bantu yang statusnya gak jelas.

tapi diantara kegembiraan yang dirasakan oleh para guru maupun keluarga guru, terselip satu tanda tanya besar lho. tentu saja berkaitan dengan adanya pemilu tahun depan.
apa penaikan gaji itu bukan salah satu strategi penggalangan simpati massa ?

ah cuek aja bung......masalah itu gak begitu penting dan gak perlu dipikir sampai botak.yang penting adalah gaji guru dan tenaga hororer diangkat menjadi PNS. harapannya adalah semoga janji pak SBY tersebut bener-bener ditepati dan tanpa potongan sana-sini khas PNS he he ....

oya ada beberapa hal lagi yang perlu kita pikirkan bener-bener sebelum berkomentar tentang kondisi sekarang ini :
1. tes CPNS dan pengumumannya tinggal menghitung hari, semoga aja tidak terjadi lagi praktek KKN yang katanya sudah direformasi (padahal kenyataannya justru sangat parah setelah reformasi)
2. harga premium yang diturunkan cuman 500 peark (dari 6000 jadi 5500) jangan jadi pikiran berat deh.positif thinking aja......mungkin aja sisa labanya digunakan untuk kepentingan menambah kas negara yang semakin menipis. wong kemaren harga 6000 aja kita bisa menyesuaikan diri kan ???
3. hampir tahun baru............gak usah ada perayaan aneh-aneh deh.........BOROS
12.02.2008
Posted by ngatmow

Instagram

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow