Posted by : ngatmow prawierow 12.08.2010

Beberapa waktu yang lalu, aku pergi ke Yogyakarta ikut tes alias ujian terkait Diklat PBB dan BPHTB berbasis e-learning....meskipun sebenernya aku sendiri nggak tau sama sekali makanan apa tuh PBB dan BPHTB hehe.....

Tapi bukan itu yang aku mau ceritain.

Pas perjalanan pulang, kami (semua berlima) mampir ke Malioboro, nah disitu sambil nongkrong nunggu yang lain belanja aku sempat ngobrol sama seorang pengamen yang sedang "kerja".
Salutnya, dia aku kasih duit pas lagi nyanyi nggak mau, dan baru mau nerima uang setelah satu lagu selesai.....hebat juga nih orang pikirku....

Aku (N)         : " kok g mau mas tadi ? sori nih jadi tanya..."
Pengamen (S) : " wooh, sante mas...emang aku dan temen2 membiasakan diri gitu kok. nggak cuma bisa    minta n nyadong (minta-Jawa) aja tapi nggak jelas kerjanya..."

N  : " lha emange ada mas yang kaya gitu (nggoblog mode : ON)"
S   : " lha sampeyan tu gimana to ? wong kita tu ada yang namanya DPR to...nah itu dia yang aku        maksud..."

N  : " eh mas aku mau tanya nih, Jogja kan sekarang lagi "nggak enak hati" sama pusat.kalo menurut           sampeyan gimana ?
S   : " kalo aku ya tetep Sinuhun Kanjeng Gusti mas, biarpun gembel gini tapi kalo disuruh milih aku masih    bisa pake akal sehat kok. sekarang ontran-ontran itu kan sebenarnya rekayasa politik.nah yang          berkepentingan dengan perpolitikan siapa jal ? DPR to..... tai tenan pancen kok.... "

N  : " maksude piye mas ? "
S   : " lha sekarang gini aja wis mas, DPR kalo nggak rapat kan nggak ada duit tambahan.sebab jalan2 ke      luar  negerinya sudah dikecam banyak orang, merekan kan kemudian berpikir lagi piye carane ben oleh         duit maneh......lha ini carane...."

N : " oo...maksude biar dapat uang sidang, uang duduk dan uang kemringet yo mas ?"
S : " nah kui mas.....tanpa PILKADA demokrasi di jogja sudah ada dan berjalan selama ratusan tahun.., dan itulah maksudnya DEMOKRASI PANCASILA..., bukan demokrasi pake duit korupsi buat konflik dan pemborosan anggaran yang ujung2nya duit rakyat juga.bener to ?"

N : " wah mbuh mas, aku dudu wong jogja kok....hehehe "
S : " sampeyan wong ndi ? Indonesia juga to ? ngerti UUD 45 to ?"

N : " ya ngerti dong mas...lha kaitane sama UUD apa ? kok tau2 sampeyan lari ke situ ?"
S : " nah kui,.....sampeyan sama aja sama SBY itu. asal tau aja mas, katanya Indonesia akan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945, nah kalo pengin cari pemecahan terbaik masalah ini ya tolong UUD 45 dibuka dan dipelajari lalu dilaksanakan.... lha wong menungsane bangsa kita tu inget UUD  kalo pas lagi kepepet tok kok.po maneh pemimpine.......mbuh kelingan po rak aku yo ra ngerti..."

N : " lha sampeyan kok malah ngerti mas ? "
S : " eeh...ngece ik.....ngerti ra mas, aku ki selalu mengikuti berita lho.opo gunane tivi nek mung nggo nonton sinetron.bener to ?  percuma ... ra ,arai tambah pinter. onone malah wong ndeso2 dadi pingin kerjo neng kota sing umahe apik trus pengen ketemu cewek sing pupune diler ngantek cawete ketok....pengen numpak mobil mewah sing koyo nggone sinetron......negoro opo iki ??? "
N : " Indonesia mas..... "
S : " lucu...... "

N : " Lucu piye mas ? "
S : " sampeyan kui lucu, sampeyan pegawe negeri to ? "


N : " yoi..."
S : " aku tak takon, sampeyan tau mbolos kerjo ? nek ora yo bali sak penake ? "

N : " hehehe....tau mas...lha piye ?"
S : " korupsi kui mas.....piye negoro iki meh maju tur dadi apik nek wargane seko sing paling cilik wae do bejad ngono kui.aku po maneh mas....... oya sampeyan sarjana ?sarjana opo ?"

N : " iyo mas, ekonomi....UNNES"
S : " aku ...... hukum UGM mas....."

DEGG......... sambil ngucapin kalimat terkhir itu dia ngloyor pergi nggak pamitan nggak menoleh dan nggak tau kemana. yang jelas dia kemudian berbaur dengan keramaian pejalan kaki di Malioboro yang sumpeknya setengah mati.

memang bener juga sih, bangsa ini perlu introsepksi diri dengan segenap hati dari setiap nurani warganya. dari yang terbawah sampai yang teratas.
mungkin bangsa ini juga perlu ada perombakan yang luar biasa besar untuk menghapus budaya buruk yang semakin lama bukannya semakin berkurang tapi justru semakin berkembang dan meluas dari setiap elemennya.

yang jelas, perlu ada usaha mempertebal keimanan masing2 pribadi agar tidak melangkah ke hal2 yang tidak selayaknya...............lagi

Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. dasar kurang kerjaan....btw bener juga tuh pengamen...

    BalasHapus
  2. wah, inspiratif... Buat bahan renungan nih...

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow