Posted by : ngatmow prawierow 4.09.2013

Bagi para penggemar tayangan Opera Van Java (OVJ) yang ditayangkan stasiun televisi Trans7, pasti sering menyaksikan sosok figuran yang kerap dijadikan obyek keusilan Sule, Parto, Azis Gagap maupun Andre Taulany. Siapakah gerangan dia?

Pemain "tambahan" OVJ tersebut bernama Dede Sunandar. Pemuda asal Ciamis kelahiran 19 September 1990 ini mampu menyedot perhatian para pemirsa Trans7. Namun tidak banyak yang tahu latarbelakang Dede OVJ ini. 
Dede membuka jati dirinya. "Saya cleaning service di Trans7. Sekarang masih sebagai cleaning service dan biasa membersihkan halaman di depan Trans7," ungkapnya tanpa malu-malu. 

Ketika ditanya kenapa bisa sering diajak main OVJ di beberapa episodenya, Dede menceritakan, awalnya dari sebuah kecelakaan. Pada suatu hari dia diajak oleh tim kreatif OVJ untuk ikut syuting.
"Waktu itu saya pas lagi bersih-bersih, namun tiba-tiba ada satu anggota tim kreatif OVJ memanggil saya dan meminta saya untuk segera ganti baju. Eh nggak tahunya malah saya disuruh ikut syuting bareng OVJ," ujar Dede. 



Ceritanya awalnya begini,ketika itu dua orang tim creative bernama Febri dan Kenit kebingungan karena Tukang Es Doger yang akan dijadikan figuran dalam episode tersebut tiba-tiba menghilang. Mau tidak mau mereka berdua terpaksa berimprovisasi mengakali ketidakhadiran Tukang Es Doger agar talent-talent OVJ bisa mempunyai bahan candaan.

Setelah lama mereka keliling studio untuk “memaksa” orang untuk menggantikan posisi tukang doger ternyata banyak dari crew yang tidak bisa, tiba-tiba muncul sosok Dede yang sedang bersih-bersih di sekitar Control Room dan Ruang Artis. Saat itulah Kenit dan Febri memaksa Dede untuk menggantikan Tukang Es Doger dan diiyakan oleh Dede.

Penampilan Dede perdana di OVJ adalah sebagai Tukang Es Doger awalnya tidak membuat creative OVJ berharap banyak. Sudah tampil saja membuat kedua creative ini merasa puas. Sehingga ketika Dede sukses me-kick balik serangan celaan Andre dengan celaan yang lebih aneh dan ajaib, sekaligus membuat seisi studio tertawa terbahak-bahak, merupakan anugrah yang tidak terhingga bagi tim Creative OVJ karena mereka baru saja menemukan sebentuk berlian yang belum terasah.

Bukan hanya tim produksi OVJ saja yang tertarik dengan bakat alami Dede, talent-talent OVJ seperti Sule, Parto dan Andre pun tertarik untuk memupuk bakat Dede. Apalagi usut punya usut, Dede ternyata sebelumnya tanpa dia sadari sering berlatih ngelawak bersama Komeng jika dia bertugas di program Wara Wiri. Bahkan Komeng pun pernah mengajak Dede untuk diasah bakat ngelawaknya, namun ditolak dengan alasan dia baru saja bekerja sebagai CS, tidak enak dengan teman-teman seperusahaannya. Akhirnya Dede pun menjadi “langganan” tampil di OVJ,

Namun yang amat dikagumi dari sosok Dede adalah kerendahan hati dan kepolosannya. Pernah suatu ketika dia dimarahi oleh atasannya  karena dia tidak datang untuk suatu acara, bahkan sampai dikira  sudah mulai berubah menjadi “sok artis”, ternyata beberapa hari kemudian dia menjelaskan bahwa alasannya tidak datang adalah karena Ibunya sakit dan dia tidak bisa mengabarkan karena tidak punya HP.

Selain itu jika dia bertemu dengan Tim Produksi OVJ, satu demi satu disalami dan dicium tangannya, bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang suka bengong melihat cara dia menyapa kru yang lain. Bukan hanya itu, dia masih rajin bekerja menjadi CS bersama teman-teman sejawatnya tanpa pernah merasa sok artis. Bahkan tim kreatif sampai menjuluki dia dengan sebutan Dede CS alias Dede Cleaning Service, tetapi mendengar nama julukan tersebut dia tidak marah ataupun sakit hati. Di wajahnya selalu berhias senyum lebar yang kemudian berubah malu-malu jika disapa dan digoda . Dan satu hal lagi, dia masih tetap mau mengenakan seragam CS-nya tanpa sedikitpun rasa malu.

Bukan hanya itu, jika Dede ditanya bagaimana perasaannya tentang popularitas yang baru diraihnya. Ternyata dia menjawab bahwa tidak nyaman dimintai tanda tangan dan berfoto. Alasannya adalah tidak enak dengan teman-teman sekerjanya karena untuk melayani permintaan tanda tangan dan foto dia harus menghentikan pekerjaanya.
Dan ketika ditanya dikemanakan honor yang dia dapat dari pekerjaannya sekarang, dia menjawab uangnya dia berikan semua kepada Ibunya yang sekarang terbaring sakit akibat patah tulang belakang.

Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. beruntung bangettt ya dede sunandar bisa menjadi artis ,,,,


    memang sangtt lucu bangett sih dia ,,, dari wajah nya aja dah lucu

    BalasHapus
  2. lucu dianya mah.malah menurut sy jadi ada warna lain di ovj selain sule.harusnya dia nih yg jd personil tetap bukannya si desta

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow