Posted by : ngatmow prawierow 10.03.2012

Sekarang ane pengen bahas tentang perbedaan Beer, Wine, Whisky, Champagne, dan Vodka. Semua minuman diatas itu termasuk minuman beralkohol. Hati2 gan minumnya, jangan kebanyakan. Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.
Tapi ada satu hal yang jarang kita ketahui selama ini kalau dikonsumsi secara tidak berlebihan alias "sehat", justru akan memberikan efek positif lho.
Nah berikut kita bakal dibahas apa aja manfaatnya. kalo dikonsumsi secara "sehat".

1. Beer (bir)


Secara harfiah berarti segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Walaupun secara umum bir merupakan minuman beralkohol, ada beberapa variasi dari dunia Barat yang dalam pengolahannya membuang hampir seluruh kadar alkoholnya, menjadikan apa yang disebut dengan bir tanpa alkohol.

Catatan :
Manfaat:
Selama ini, bisa jadi Anda beranggapan bir adalah minuman khas pria. Ternyata, bir bermanfaat bagi anda yang mengkonsumsinya secara proposional. Bir bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh anda. Dengan catatan, kebiasan minuman bir ini perlu ditambah pengaturan pola makan serta olahraga yang teratur. Manfaat lain dari minuman ini bagi wanita adalah mencegah kepikunan. Para wanita yang minum bir sedikit saja dalam sehari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami masalah dengan kemampuan mental di masa tua nanti.


2. Wine (Anggur)


Adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). Satu-satunya wine buatan Indonesia yang dibuat dari anggur lokal adalah Hatten Wines dengan merk dagang TWOislands.

Catatan :
Manfaat:
Telah banyak penelitian yang mengungkapkan kelebihan minuman ini. Konsentrasi polyphenol dalam anggur, terutama anggur merah, bisa menghindarkan Anda dari resiko penyakit jantung dan juga kanker. Kandungan lainnya juga bermanfaat dalam minuman ini adalah Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Zat Besi (penting untuk jantung, otot, pembentukan sel darah, serta tulang), Vitamin C (memperkuat daya tahan tubuh), dan Vitamin B (baik untuk syaraf dan pencernaan). Wine juga ampuh mencegah penyakit jantung koroner. Keuntungan ini juga didapat oleh para penyesap champagne dan sparkling wine.


3. Whisky (Wiski)


Merujuk secara luas kepada kategori minuman beralkohol dari fermentasi serealia yang mengalami proses mashing (dihaluskan, dicampur air serta dipanaskan), dan hasilnya melalui proses distilasi sebelum dimatangkan dengan cara disimpan di dalam tong kecil dari kayu (biasanya kayu ek). Sejarawan memperkirakan minuman keras hasil distilasi pertama kali dibuat antara abad ke-8 dan abad ke-9 di Timur Tengah.Teknik distilasi dibawa ke Irlandia dan Britania oleh biarawan Kristen.

Catatan :
Manfaat:
Wiski dapat menyembuhkan segala gejala penyakit, diantaranya dapat mencegah virus H1N1. Karena meningkatkan 30 persen kadar vitamin B6 lebih banyak dalam tubuh.


4. Champagne (Sampanye)


Adalah minuman anggur putih bergelembung yang dihasilkan di kawasan Champagne di Perancis, sekitar 90 kilometer di timur laut Paris. Reims adalah salah satu wilayah penghasil sampanye yang terkenal. Umumnya terbuat dari anggur pinot noir, sampanye yang berkualitas bagus mempunyai warna kekuningan. Sampanye biasanya hanya diminum pada acara-acara khusus seperti perayaan tahun baru dan sering pula terlihat pada perayaan kemenangan kejuaraan olahraga seperti Formula 1, di mana sang pemenang di podium membuka sebotol sampanye dan menyemprotkan isinya. 

 Catatan :
Manfaat:
Segelas champagne bisa mempercepat peredaran darah di tubuh dan membangkitkan vitalitas Anda. Pasalnya, zat CO2 mempercepat penyerapan alkohol dalam darah. Karenanya, Anda bisa lebih cepat mabuk saat meminum champagne dan sparkling wine dibandingkan ketika minum wine biasa. Dua jenis minuman ini juga memiliki manfaat yang sama seperti anggur, yaitu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Jika aliran darah ke otak lancar, aktivitas benak pun meningkat. Perpaduan Kalsium-Fosfat berguna untuk meredakan stres. Namun, efek positif ini akan jadi bumerang bagi diri Anda, jika Anda terlalu sering menenggak minuman ini di luar batas wajar dan menjadi ketagihan karenanya.


 5. Vodka


Adalah sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari kentang yang difermentasi dan didistilasi. Namun sekarang banyak yang juga menggunakan padi-padian seperti gandum. Kecuali untuk sejumlah kecil perasa, vodka mengandung air dan alkohol (etanol). Vodka biasanya memiliki kandungan alkohol sebesar 35 sampai 60% dari isinya. Vodka Rusia klasik mengandung 40% (80° kandungan murni), angka tersebut dirumuskan oleh ahli kimia terkenal Rusia, Dmitri Mendeleev.

Catatan :
Manfaat:
Sejumlah studi, diantaranya Institute of Epidemiology di University of Muenster, menemukan, bahwa meminum bir dan vodka dalam jumlah moderat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.



 Copas dari kaskus

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow