Posted by : ngatmow prawierow 11.09.2012

Ada satu situs berbasis foto bagi komunitas online yang sedang menarik perhatian saya akhir-akhir ini. Pixoto.com. Situs ini merupakan website komunitas foto/ fotografi digital yang sampai dengan saat ini hadir dalam versi beta (disebut demikian karena masih tertulis pada logo website pixoto).

Dalam situs ini ada fitur yang menjadi keunggulan dan sesuatu yang membedakannya dengan situs fotografi lainnya yaitu fitur Image Duel, dan tentunya hadiah uang bagi foto yang dapat menjadi juara di setiap minggunya.


Jika pada beberapa situs komunitas foto online, pemberian nilai pada sebuah foto dilakukan ketika user melihat foto yang sedang terbuka, di Pixoto pemberian nilai sangat fair. User hanya dapat memberikan nilai melalui fasilitas ImageDuel. Menariknya, ImageDuel mengusung konsep blind description.  Artinya, foto ditampilkan tanpa informasi tambahan apapun, termasuk nama fotografer. Ketika menu ImageDuel diklik, system akan menampilkan secara acak dua foto yang disandingkan secara berdampingan. User dapat memilih foto mana yang menurutnya lebih unggul dari foto lain. Setelah itu, secara acak ditampilkan lagi dua foto untuk diduelkan. Begitu seterusnya.
Foto yang dipilih oleh user dianggap sebagai pemenang (win), dan foto yang tidak dipilih dianggap kalah (lose). Pada halaman profile pemilik foto, di setiap foto yang diupload, tertera akumulasi nilai (image score) dan angka win-lose hasil dari duel yang telah dilewati oleh foto tersebut.

Ada satu hal dari Pixoto.com yang saya anggap paling menarik yaitu Pixoto juga memberikan Award Best of Week untuk 20% foto yang berada di peringkat teratas dari setiap kategori. Demikian pula untuk pemberian Award Best of Month. Menariknya pada setiap tahun, Pixoto memilih Best of Photographer pada setiap kategori. Penilaian semua berdasarkan perolehan ImageScore yang diperoleh sebuah foto. Dan, setiap minggunya Pixoto menyediakan hadiah lebih dari US $2,000 untuk foto-foto terbaik.wow......
 
Register di pixoto.com sangat mudah, karena anda cukup login dulu di akun facebook atau di akun twitter anda, setelah itu baru buka web pixoto.com klik register di pojok kanan atas kemudian pilih koneksikan via akun facebook atau twitter.

Setelah mengikuti step by step register akun nya, kemudian anda harus upload 1 foto. Caranya anda tinggal klik Select images to upload, saja. 

Yang perlu diperhatikan ada beberapa peraturan penting yang harus dicermati sebelum meng-upload foto seperti ukuran foto yang harus minimal 900 px disisi lebar atau tinggi, tidak boleh ada watermark/penanda foto, dan beberapa aturan main lainnya.
Kemudian isi category foto anda, apakah termasuk kategori Architecture, Fashion, Landscape & Nature atau kategori lainnya, jangan lupa sub kategorinya juga di isi.
Nah kalo yakin fotonya emang bagus, bisa ikutan Pixoto Photography Contests, kontes ini diadakan setiap minggunya, silahkan baca syarat dan ketentuannya.

Setiap mengupload foto, user memerlukan 10 credit. Pada waktu membuka account pertama kali di pixoto, user sudah diberikan modal 10 credit. Setiap memilih satu foto pada ImageDuel, user mendapat 1 credit.
Credit digunakan pula, ketika user perlu mengangkat kembali fotonya yang sudah terkena paused. Sebab, pixoto menerapkan apa yang dinamakannya paused vote. Ketika sebuah foto telah melalui beberapa kali image duel dan tidak berada pada posisi 10% teratas di kategorinya pada hari itu, maka sysem mempuase foto tersebut. Artinya, foto tersebut tidak bisa ikut lagi dalam imageduel. Nah, jika user masih menginginkan foto tersebut di vote, user harus menebusnya dengan 5 credit, yakni mengklik menu get more votes.

Demikian pula, foto yang bernilai tinggi, jika masih diinginkan untuk terus tampil pada imageduel untuk meraih award mingguan, user dapat menebusnya dengan 10 credit, dengan mengklik menu DuelBoost.
Credit dapat pula diperoleh dengan menginvite teman untuk bergabung dengan pixoto. Jika, seorang teman bergabung di pixoto atas referensi user, maka user akan mendapat 250 credit.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow