Posted by : ngatmow prawierow 8.30.2012

Bisnis adalah berusaha. ya itulah yang dikatakan seorang Sandiaga Salahudin, pengusaha muda terkaya di Indonesia. Sebagai pengusaha, kita harus mengubah paradigma dari seorang karyawan yang biasanya-- walaupun memberi yang terbaik-- pada akhir bulan sudah dijamin dengan segala tunjangan dan gaji yang bakal ada di rekening koran. Itu membentuk sifat karyawan yang tidak suka mengambil risiko. Seorang pengusaha jatuh bangun karena bisnis penuh risiko. Kami melihat bagaimana tanggung jawab membesarkan perusahaan dan menciptakan lapangan kerja itu tidak mudah.
"di dunia entrepreneur, kegagalan adalah akhir dari suatu chapter yang baru. Chapter yang akan dimulai adalah dimana seseorang bisa belajar dari kegagalan dan menjadikannya sebagai anak tangga menuju kesuksesan"


Bagi sebagian masyaratat umum yang memiliki insting entrepreneur maupun bisnis, membangun sebuah bisnis seolah telah menjadi dambaan hidup. Bahkan, mereka telah berangan-angan untuk menjadi bos dari bisnis yang dibuatnya. Namun Tak seperti program magang di musim panas, terdapat model bisnis yang menempatkan mereka  untuk bertanggungjawab mengelolanya sekaligus menjadi pengalaman yang akan menuntunnya di masa depan.Berikut adalah beberapa model bisnis murah yang bisa mulai digarap bahkan sejak  masih berstatus ngambang alias belum jelas statusnya :

1. Kios makanan
Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang paling murah, mudah dan tidak terlalu ribet menurut sebagian orang. Ini terjadi karena dalam bisnis ini yang diperlukan adalah bahan, skil dan selera si pembuat itu sendiri. Tentu saja ha tersebut juga harus disesuaikan dengan pangsa pasar yang akan dijadikan target penjualan. 

Dalam bisnis makanan, mulailah dengan hal-hal yang kecil, dan targetkan potensinya selalu berlipat dalam kurun waktu tertentu. Misal jualan gorengan, targetkan dalam beberapa bulan berikutnya kita mempunyai lapak tambahan, dari semula hanya satu menjadi 2 lapak, lalu 3 lapak dan seterusnya.
Ingat prinsip dasar yang diajarkan nenek moyang kita "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit"

2. Loundry
Loundy alias jasa pencucian  adalah salah satu bisnis yang lumayan menjanjikan mengingat bahwa pada umumnya masyarakat kita sekarang ini cenderung bersifat pemalas dalam hal cuci mencuci. Apalagi jika target utamanya adalah mahasiswa (dimana sifat ini cenderung lebih besar - pengalaman pribadi :D)

3. Bimbingan Belajar (Bimbel)
Tak ada satu pun pihak yang dinilai memenuhi syarat untuk mengajar para pelajar selain mahasiswa. Untuk mulai melakukan bisnis ini, siapkan modal untuk mempromosikan bisnis Anda di media lokal serta sejumlah lokasi-lokasi umum. Tetapkan biaya Bimbel yang masuk akal. Sudah banyak contoh bisnis bimbel yang berhasil bahkan 
skalanya sudah nasional kok (Primagama, Neutron dsb) .
Tapi jangan pandang itu dulu, posisikanlah diri kita menjadi teman dan pembantu tetangga, saudara dan orang di sekeliling kita di bidang bimbingan belajar tanpa berpikir tentang materi dulu. sebab uang akan mengikuti tingkatan popularitas dan kualitas pelayanan kita. 

4. Bisnis T-Shirt
Bisnis ini biasanya menjadi bisnis yang paling difavoritkan para mahasiswa terutama yang memiliki jiwa seni tinggi. Selain bisa digunakan untuk menuangkan ide, gagasan, kretifitas, dan curahan hati, bisnis kaos juga mampu mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Syarat utama dalam bisnis ini adalah bagaimana bisa mengikuti trend di pasar dan bagaimana bisa menghasilkan hasil cetakan yang tepat (ini terkait dengan formula cetakan - bagi yang mencetak sendiri, atau bagaimana menemukan jasa percetakan yang tepat - bagi yang belum mandiri). Persoalan biaya tergantung pada banyaknya kaos yang dihasilkan. Namun seiring makin banyaknya pembeli, keuntungan yang didapatkan akan semakin besar pula. 
Sebagai contoh adalah Raymond Lei ( pencipta ooShirt ), Brock (zi-oblonk) dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Jasa angkutan atau pengantaran barang
Jasa angkutan alias ojek bisa menjadi satu alternatif bagi kita yang mempunyai banyak waktu luang dan punya modal berupa kendaraan. Baik itu roda dua maupun roda empat. Satu permasalahan yang dihadapi bagi pengojek roda dua adalah sudah banyaknya ojek lokal di hampir semua gang di negeri ini, dan itulah yang menyebabkan lebih baik cenderung mengarahkan bisnis ini ke pengantaran barang saja.
mulailah dengan jasa pengantaran barang yang ringan dan tidak memerlukan biaya besar, misal pengantaran makanan, paketan untuk wilayah lokal dan sebagainya.

6. Karya seni dan kerajinan
Jika Anda memiliki jiwa artis, menjual karya seni Anda bisa memunculkan insting entrepreneur di dalam diri. Anda bisa mulai menjual karya lewat website bahkan kampus-kampus universitas.
Bisnis Anda akan lebih sukses jika memiliki website sendiri untuk memamerkan karya-karya seni yang dimiliki.
 
7. Desainer Website
Setiap orang ingin mulai memiliki website sendiri. Namun, seringkali mereka tidak tahu cara memulainya. Beruntung jika Anda memiliki pengalaman di bidang grafis. Anda bisa menggunakan keahlian untuk meraup untung besar. Sudah banyak contoh bisnis di bidang ini yang dimulai dari 0 dan semakin berkembang di kemudian hari berkat keuletan dan relasi yang dibangun secara terus menerus.

Sebagai contohnya adalah iwebmu.com 

8. Makelaran/komisian
Bisnis ini sebenarnya bukan anjuran tapi dapat diterapkan sebagai alternatif penghasilan bagi kita yang punya jaringan luas, kenalan yang banyak dan kemampuan yang handal dan bernegosiasi.
Mengapa ? sebab bisnis ini menuntut kita untuk mampu menyambungkan dan men-deal kan transaksi antara buyer dan seller untuk suatu barang tertentu.
Ingat : bisnis ini jangan digunakan untuk pokok penghasilan dan dalam bisnis ini kejujuran adalah harga yang sangat mahal dan sangat pentinh untuk selalu dipertahankan.





Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya om...masukan dan saran sangat diharapkan...:D

      Hapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow