Posted by : ngatmow prawierow 9.17.2015

Rangkaian Festival Serayu Banjarnegara memang sudah beberapa hari yang lalu berakhir. Namun hingar bingar festival budaya terbesar di Banjarnegara ini masih terasa hingga kini. Dan bahkan ratusan stok foto yang ada di dalam kamera terkadang sampai belum dibuka dan diseleksi oleh rekan rekan fotografer yang mengabadikan setiap moment yang ada. Termasuk saya (meskipun saya bukan seorang fotografer - hanya seorang tukang foto gadungan saja)....halah

Dari keseluruhan acara yang digelar, saya pribadi merasa bahwa festival budaya khas kota tercinta ini sangat istimewa. Ramai, Elegan, dan klasik. Meskipun tentu saja masih banyak kekurangan dibeberapa hal yang bisa dijadikan koreksi untuk pelaksanaan kegiatan serupa di masa yang akan datang.
Oke, saya contohkan saja pada event Banjarnegara banjir dawet,
Pertama, semua fotografer terpusat di depan Balai Budaya dimana menteri Puan Maharani dan Gubernur Ganjar hadir di sana. Hal ini menyebabkan sangat kurangnya dokumentasi kegiatan serupa yang digelar di Gedung Dekranasda dan Stadion Kolopaking yang mana ternyata jumlah rombong dawetnya lebih banyak dan variatif. Sebagai seorang masyarakat awam, hal ini tentu saja sangat kurang sip mengingat bahwa animo mayarakat di lapangan sangat luar biasa.

Yang kedua adalah kesan bahwa panitia seolah olah mengkotak kotakkan kelas dalam masyarakat itu sendiri. Meskipun sebenarnya bertujuan baik, yaitu menghindari terjadinya over pengunjung, namun hal ini justru membuat pelaksanaan event ini menjadi sepi dan kurang greget. Tidak seperti apa yang digembar gemborkan sebelumnya yaitu Banjarnegara akan menjadi lautan dawet.........Bew.......



Sedikit masukan sih sebagai koreksi panitia (kalau berkenan tapinya........), mungkin akan jauh lebih baik kalau saja event seperti banjar banjir dawet ini dilakukan di satu tempat, Stadion Sumitro Kolopaking misalnya, dengan memberikan tempat khusus bagi pejabat dan orang orang yang diistimewakan. Dengan begitu, kesan membedakan kasta dalam masyarakat tidak begitu jelas kelihatan.                                          




Bersambung .......

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow