Posted by : ngatmow prawierow 7.01.2011

Rock It!
Bagi sebagian rekan yang suka berselancar di dunia maya, nama GEOHOT mungkin tidak asing. tapi bagi yang jarang browsing internet nama ini sangat dan mungkin tidak pernah didengar sebelumnya.


Siapa Geohot ? adalah Francis George Hotz alias Geohot,yang lahir 2 Oktober 1989 adalah hacker Amerika Serikat yang dikenal untuk unlocking iPhone, memungkinkan telepon yang akan digunakan dengan operator selular lain, bertentangan dengan AT & T dan niat dari si pembuat iPhone, Apple. Ia juga mencatatkan diri untuk hacking PlayStation 3 (agar bisa memainkan CD bajakan) yang kemudian tindakannya ini dituntut oleh pihak SONY.

Apple merasa dirugikan olehnya karena ulahnya meng hack iPhone agar dapat menggunakan semua jenis carrier yang ada selain itu dia juga membuat program yang dapat membobol / meng krack program iPhone untuk menghapus limitasi dari sebuah provider tertentu (dalam hal ini At & T) yang diterapkan di gadget paling laris ini.
Ceritanya bermula pada saat Hotz membeli iPhone, dimana dia sudah tergabung dalam kelompok tim iPhone Dev (sebuah tim khusus yang bertujuan menghack dan mengunlock Iphone), namun entah kenapa beberapa waktu kemudian di keluar dari tim tersebut. Saat itu dia meng estimasi kalau dia telah menghabiskan waktu lebih dari 500 jam untuk membuat unlock ini. Dengan tujuan utamanya dia agar semua user dapat mengunlock Iphone mereka masing masing.
Pernah suatu kali Hotz menukarkan iPhone 8GB nya kepada Terry Daidone, yang merupakan seorang founder dari Certicell, dengan sebuah mobil Nissan 350Z dan juga 3 buah iPhone 8GB terbaru. Semenjak itu, Hotz yang menggunakan teknik khusus dalam hacking ini dari teknik hardware based unlocking diubah menjadi software unlocking yang tidak memerlukan bongkar iPhone.

George Hotz juga yang merilis software pertama untuk mengunlock boot loader iPhone terbaru iPhone versi 4.6 dengan menggunakan teknik “testpoint based hardware unlock”, kemudian George memberikan hack tersebut kepada iPhone Dev Team yang menjadikanya hack yellowsn0w dan ini adalah sebuah hacking tools pertama untuk unlock iPhone 3G saat itu. Dalam sourcecode YellowSn0w, terdapat marking 3G unlock daemon, yang tertulis “thanks geohot for at+stkprof 02.28 injection vector“.

Pada 3 Juli 2009, Hotz mengumumkan lagi purplera1n, yang merupakan sebuah software exploit untuk men jailbreak iPhone 3GS, Jailbrake ini adalah sebuah teknik yang akan membuat iphone anda dapat menginstall software bajakan, walaupun software tersebut tidak berasal dari iTunes. Pada 11 Oktober 2009, tepatnya jam 3:33AM Hotz merilis lagi blackra1n, kali ini software ini mampu men jailbreak semua jenis iPhones dan iPod Touch (kecuali iPod Touch 3G 8GB).
Akhir tahun 2009 Hotz mengumumkan kalau dia ingin mencoba menghack Playstation 3. Hingga saat itu, PS3 menjadi game console yang sangat aman dengan sistem lock nya saat itu juga banyak para hacker mengatakan kalau PS3 ini sangat mendekati dengan unhackable. Lalu Hotz membuat sebuah blog untuk mendokumentasikan hasil kerjanya dan 5 minggu kemudian pada tanggal 22 Januari 2010, dia telah berhasil menghack PS3 dengan membuat posting di blognya dengan judul “Hello hypervisor, I’m geohot”. Hotz mengklaim kalau dia berhasil mendapatkan “read/write access kedalam seluruh sistem memory, dan juga HV level pada processor” game console tersebut. Hotz juga mengatakan kalau programnya ini nantinya dapat menggunakan PS3 homebrew, PS2 emulator dan yang terpenting lagi mengizinkan PS3 untuk memainkan game PS3 bajakan.

Pada 26 Januari 2010, akhirnya Hotz mengeluarkan exploit tersebut ke internet. Kabarnya untuk menghack PS3 dibutuhkan keterlibatan OS lain untuk mempatch kernel Linux dan mendapatkan akses untuk mengkontrol hypervisor. Hypervisor adalah sebuah sistem atau disebut juga dengan virtual machine monitor, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan mesin menjalankan banyak Operating system secara bersamaan. Dengan bantuan FPGA dan menggunakan solder khusus berhasil mempatch OS yang ada di PS3. Hotz juga mengatakan kalau “Sony akan mengalami kesulitan untuk mempatch balik exploit tersebut”.

Kini, Geohot sepertinya mendapat pekerjaan di Facebook. Hal ini ia kabarkan dalam postingan di akun Facebooknya yang kurang lebih berbunyi, "Facebook adalah tempat yang sungguh mengagumkan untuk bekerja".

Tidak jelas apa posisi Geohot di Facebook, barangkali tidak jauh dengan urusan sekuriti.

sumber : Detik.com dan Kaskus

Comments
3 Comments

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. request hacker indonesia dong gan...

    BalasHapus
  2. masih dalam proses pencarian gan...susah banget nyari artikelnya....
    :a:

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow