Posted by : ngatmow prawierow 1.05.2014

akhir akhir ini saya kok tambah gumun ya sama negara kita tercinta ini. kalau lagi lihat siaran berita di tv adanya berita kriminal, kecelakaan sama berita aneh bin ajaib dari dunia politik.
Lha ngga aneh bin ajaib gimana wong sudah jelas jadi tersangka, seorang pejabat yang katanya terhormat masih sempat ngurusi bisnisnya di luar penjara, masih tetep bisa senyum dan melambaikan tangan dengan bangganya ke media massa (yang otomatis akan menyiarkannya ke seluruh pelosok negeri ini), terus ada lagi berita tentang sebuah hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak yang tau-tau hilang dari pemberitaan karena menyangkut nama besar seorang pejabat tertentu, dan masih banyak lagi keajaiban lainnya di negeri ini. bah....

foto by Rizzal Zendrall fromKoFiPon® (Komunitas Fotografi Ponsel)

Suwer deh, kalau ditanya apakah saya cinta negeri ini, pasti jawab saya sangat cinta sekali pada negeri ini......tapi bukan pada sistemnya lho ya....
kenapa ?

karena pada dasarnya masyarakat Indonesia terutama yang sudah berada pada kasta atas justru adalah orang-orang dari golongan yang sudah "berumur" dengan pikiran kolot yang lebih mementingkan apa yang ada di otak mereka daripada apa yang dilihatnya dengan mata kepala mereka sendiri di sekitarnya. maksudnya adalah sebagian besar dari mereka adalah orang yang akan mendahulukan kepentingan makannya daripada mengulurkan tangan untuk membantu seseorang yang sedang mengemis demi sesuap nasi tepat di hadapannya....hayah ngomong apa to saya ni...hehehe....

Seiring bergantinya tahun, saya dan berjuta masyarakat di negeri ini tentu saja dan tanpa ada rekayasa bersama-sama berharap bahwa di tahun yang baru ini akan ada perbaikan gizi, eh maksudnya perbaikan ekonomi, perbaikan kehidupan dan segala bentuk perbaikan lainnya yang menyangkut negeri ini dan semua unsur yang ada di dalamnya. Termasuk sistemnya tadi....


ada satu kalimat dari presiden pertama kita, Ir. Soekarno, yang dimuat dalam harian Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, yang kemudian sangat membekas dalam hati dan sanubari saya....

"Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia."

Pas sekali bukan dengan kondisi "kejiwaan" negeri kita saat ini ? lihat saja sekarang, dalam sistem pemerintahan kita jarang sekali orang muda mendapatkan kesempatan untuk promosi dan memimpin para seniornya. yang ada adalah kedudukan pejabat diisi oleh para sesepuh di pemerintahan. kemudian jika ada seorang pemuda yang kritis dan berani bersuara untuk menentang aturan yang sudah terlanjur aneh tersebut, maka dia akan sesegera mungkin "disingkirkan" ke "daerah aman"....

tidak hanya dalam kancah politik saja hal tersebut terjadi. paling parah justru terjadi pada korps pegawai negeri kita. PNS yang bisa dikatakan sebagai buruh negeri ini juga sangat memegang teguh prinsip diatas.

ada sebuah kalimat menggelitik yang saya temukan ketika "jalan-jalan" di internet,

PNS = Professional works, No corruption, Salary not Good....

hwahahaha.....curcol deh jadinya.
tapi bener kok. yang namanya jadi Abdi Negara banyak minusnya daripada plusnya. Tentu saja dengan tidak mengurangi rasa syukur kepada-Nya yang telah memberikan kesempatan itu, sebagai abdi negara sering sekali terjadi ketimpangan yang diluar batas kewajaran. contohnya ? monggo dicari sendiri (karena akan sangat mudah sekali menemukannya) dan kemudian tolong sampaikan di blog ini untuk kita bahas lagi bersama-sama hehe.....

Sawang sinawang saja....begitu kata orang tua.
Memang kalau kita hanya menuruti kata hati, pasti nggak akan pernah ada kata cukup dan puas. Selalu saja kurang dan tidak pernah cukup. Namun jika kita memegang prinsip bahwa kita harus selalu "menunduk" dan bersyukur pastilah rasa semacam itu tidak akan meracuni hati dan otak kita.

Selamat tahun baru (bagi yang merayakannya) dan semoga ke depan kita akan semakin bisa menjalani hidup dengan lebih baik, lebih indah dan lebih bermanfaat.....



Comments
2 Comments

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Selalu suka deh dengan gaya tulisan agan yang satu ini.ringan, enteng nsmun sangat menonjok.

    BalasHapus
  2. wah makasih sekali mas david, hanya menulis apa yang ada dalam isi kepala saja kok.mohon saran dan kritik untuk ke depannya lagi agar semakin baik

    BalasHapus

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow