Posted by : ngatmow prawierow 4.10.2014

Ada satu hal yang sudah beberapa waktu ini setiap malam saya lakukan yaitu "mencari tambahan uang jajan" dari beberapa web luar (yang berbahasa luar pula maupun yang sudah bisa berbahasa sini)yang lumayan ajib dan "lancar mengalir" hehe..., juga dari ikutan lomba foto sana sini yang sebenarnya mungkin hanya punya harapan 0,001 % untuk menang (sebuah peluang yang wajar mengingat bahwa sebagian hasil foto saya merupakan jepretan kamera ponsel, sedangkan yang menjadi pesaing kebanyakan adalah fotografer pro dengan peralatan yang supercanggih)

Keep Optimist....!!
Itu dia yang selalu saya gaungkan dalam isi kepala saya selain sebuah kalimat bijak dari ibu tercinta....Jangan bosan berdoa.....
Hasilnya, alhamdulilah hasil jepretan ponsel saya bisa sedikit menyela tempat diantara hasil jepretan kamera bermoncong panjang hehehe.....

ah sudahlah, saya nggak bermaksud sombong kok sodara-sodara. hanya ingin sedikit menulis saja soal siapa dan apa yang bisa kita gali dari diri masing-masing. Kenapa ?
karena manusia itu unik dan keunikan itu sangat berbeda antara satu dengan yang lain.

So, seunik apakah kita ?

Okeh....dari hasil browsing sana sini, ada beberapa langkah lho sebenarnya yang bisa kita lakukan agar bisa menemukan & mengenali lebih dalam keunikan diri kita....

Langkah pertama, mungkin ada baiknya kenali diri sendiri lebih dahulu.
Tidak sedikit orang yang tidak bisa menjawab ketika ditanya apa kelebihan dan kekurangan dirinya ? (ini termasuk saya lho hehehe....)
Paling setelah berfikir cukup lama jawabannya hanya "haduuhh..apa ya?"  dan ketika diteruskan malah akan terjebak dengan memaparkan banyak sisi kekurangan (pesimistis) ketimbang sisi kelebihan (optimistis).

Bener kan ?

banyak ragam cara agar kita bisa mengenal diri kita lebih jauh, misalnya dengan membuat daftar tentang apa tujuan-tujuan hidup kita,seberapa banyak target pencapaian hidup kita dan sebagainya. selain itu menurut saya ada satu kalimat ampuh yang cukup "menonjok" hati terkait soal pencarian jati diri,.... untuk apa saya ada di dunia ini....

Langkah kedua adalah dengan mencoba hal-hal yang baru.
mungkin dengan melakukan hal-hal yang baru dan masih asing dari kebiasaan kita, akan membawa kita mengenali sisi dalam tentang keunikan yang ada pada diri sendiri.

namun jangan salah, tentu saja ada koridor yang musti dipahami, dimengerti dan dipatuhi. Koridor itu adalah norma, etika dan susila. selama tidak melanggar batas batas itu maka sah bagi kita untuk mencoba hal baru bahkan jikapun sampai meninggalkan "zona nyaman" masing masing

Meninggalkan zona nyaman misalnya adalah dengan berpetualang/travelling disela-sela kesibukan aktivitas kerja/kuliah/sekolah ke tempat yang belum pernah kita kunjungi/asing. Manfaatnya selain demi pengalaman baru juga mengasah dan menggali potensi keunikan diri kita yang terkait dengan daya adaptasi diri kita terhadap lingkungan baru. hal itu akan berguna ketika kedepannya kita mesti pindah tempat tinggal karena suatu alasan tertentu, kita sudah cukup bisa menggunakan pengalaman keunikan kita yang bersifat adaptif, dimana hal tersebut telah dilatih sebeumnya.

Langkah ketiga adalah selalu mengingat dan menjaga api semangat bahwa diri kita itu adalah istimewa/unik. pupuk terus rasa percaya diri itu, sehingga semakin hari semakin besar dan selalu terjaga semangatnya. Kita mesti percaya diri bahwa memiliki "berjuta" kemampuan diri yang istimewa. karena kemampuan itu adalah keunikan yang dimiliki dan tersimpan dalam diri pribadi masing-masing, sehingga tugas kita adalah membiarkan keunikkan itu bangkit sendiri atau terbangkitkan.. jangan sampai terlena atau malas sehingga secara tak sadar malah menina bobokan keunikan itu..

Wake up man....
Munculkan dan biarkan rasa narsis dan pede itu bersemi (tentunya selama ngga berlebihan lho...)
Dan pastikan bahwa apa yang kita bisa dan kuasai merupakan salah satu keunikan kita yang bisa diandalkan untuk hal apapun yang membanggakan....alright ?

Keep spirit and let's move on man....

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Google+

Arsip

Copyright 2008 BROCKBOX- Metrominimalist | Template Diutak atik Ngatmow Prawierow